in: News | May 17, 2019 | by: Rifqi Sulthan

DPU Terbaru Arm Didesain untuk Virtual Reality

Pada bulan Mei di tiap tahunnya, Arm selalu memperkenalkan beberapa kekayaan intelektual (IP) milik mereka, yang didesain untuk smartphone premium, tablet dan laptop yang biasanya mulai dijual awal tahun depan. Tahun lalu, terdapat CPU Cortex A-76, GPU Mali-G76 dan VPU Mali-V76 yang diperkenalkan oleh Arm, yang kemudian juga digunakan pada Soc HiSilicon Kirin 980. Dan untuk tahun ini, ARM baru saja memperkenalkan DPU (Data Processing Unit) baru mereka, yakni Mali-D77.

DPU sendiri berfungsi untuk memperingan kerja GPU dalam menangani komposisi multi-layer, scaling dan dukungan terhadap high-dynamic range. Semua hal tersebut dapat dilakukan oleh GPU. Akan tetapi, dengan adanya DPU mampu mengurangi konsumsi energi oleh SoC hingga 30%. Salah satu contoh DPU yang digunakan hingga saat ini adalah Mali-D71, yang mampu menampilkan display hingga 4K120fps.

DPU Mali-D77 masih menggunakan arsitektur yang sama seperti Mali D-71, arsitektur Komeda. Namun, yang membedakan dari dua produk ini adalah bahwa Mali-D77 dibuat fokus untuk penggunaan pada headset virtual reality premium. Pada Mali-D77 terdapat fitur ATW (Asynchronous Time Warp) dan lens correction yang penting dalam aplikasi VR dan tidak ada di DPU versi sebelumnya.

ATW merupakan metode yang mampu menurunkan waktu yang dibutuhkan antara saat GPU selesai memproses frame hingga gambar tersebut ditampilkan di layar pengguna. Sedangkan fitur lens correction sendiri membantu memberikan pengguna resolusi display hingga 2560 x 1440 di 90 Hz. Menurut Arm, menjalankan VR di GPU membutuhkan lebih banyak daya dan memori, sehingga lebih efektif jika dijalankan pada DPU.

Dengan adanya DPU ini, Arm menyatakan bahwa mereka optimis dengan VR di masa depan, terutama dengan hadirnya DPU Mali-D77 ini. Apakah Anda penasaran untuk mencoba teknologi ini?

Sumber: Hexus

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES