in: News | May 20, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Fitur PCIe 4.0 Muncul Pada Menu BIOS Motherboard Gigabyte X470

Berbagai vendor motherboard telah mulai mengembangkan produk mereka dengan chipset X570 terbaru dari AMD. Update BIOS untuk motherboard dengan chipset lawas juga telah mulai diberikan kepada para pengguna. Pada motherboard GIGABYTE, terdapat hal yang menarik pada BIOS update mereka. Menu konfigurasi BIOS pada motherboard GIGABYTE dengan chipset X470 menunjukkan dukungan terhadap PCIe 4.0.

PCIe 4.0 merupakan penerus PCIe versi sebelumnya, yakni PCIe 3.0 yang memiliki transfer rate hingga 8 GT/s dan bandwidth x1 hingga 984,6 MB/s. Pada PCIe 4.0, transfer rate yang diberikan dua kali lebih besar daripada PCIe versi sebelumnya, yakni hingga 16 GT/s, dengan bandwidth x1 hingga 1,969 GB/s. Artinya, pada PCIe 4.0 x16, bandwidth yang diberikan untuk slot ini dapat melampaui 30 GB/s. Bandwidth yang besar ini memberikan kesempatan bagi pengembang kartu grafis untuk meningkatkan performa produk mereka.

AMD sendiri telah memberikan pernyataan terkait dukungan PCIe 4.0 pada chipset X470 di website mereka. AMD menyatakan bahwa seluruh motherboard AM4 seri 300 dan 400 mendukung PCIe 4.0. Memastikan fitur ini mampu bekerja pada motherboard merupakan tugas vendor dari motherboard tersebut.

Berbagai vendor motherboard belum mengumumkan mengenai dukungan terhadap fitur ini pada beberapa motherboard lama mereka. Kita tunggu saja informasi resmi dari mereka.

Sumber: guru3d

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES