in: News | May 20, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Google Putuskan Hubungan Bisnis dengan Huawei

Akhir minggu lalu, Google sebagai salah satu raksasa di bidang teknologi mengumumkan telah menghentikan kerjasama bisnis dengan perusahaan asal Cina, Huawei. Dilansir dari Reuters, penghentian kerjasama ini mencakup suplai hardware dan software. Kebijakan ini tampaknya merupakan dampak lanjutan dari blacklist yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat.

Menurut sumber yang diwawancarai oleh Reuters, Google masih tetap mendukung berbagai smartphone Huawei yang telah dirilis dengan Google apps. Pengguna smartphone tersebut akan tetap dapat menggunakan berbagai layanan dari Google, termasuk Play Store dan fitur keamanan Google Play Protect. Mereka juga menambahkan bahwa untuk kedepannya, Huawei hanya akan dapat menggunakan versi publik dari Android yang disediakan melalui lisensi open source, yakni Android Open Source Project (AOSP), tanpa adanya dukungan tambahan dari Google.

Kebijakan ini dinilai tidak akan berdampak besar pada penjualan Huawei di Cina karena banyak layanan Google yang diban di daerah tersebut. Akan tetapi, hal ini diprediksi akan dapat mempengaruhi penjualan smartphone Huawei di luar Cina, karena produk mereka yang akan datang akan kehilangan akses dari berbagai layanan milik Google.

Hingga saat ini, belum terdapat informasi lebih lanjut dari pihak Huawei. Perwakilan dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat juga belum memberikan pernyataan resmi terkait hal ini. Kita tunggu saja informasi lebih lengkapnya.

Sumber: Reuters

Tags:

Share This: