in: Highlights - Motherboard | May 24, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review ASRock B450M Steel Legend

Tampilan Fisik Motherboard (Part 1)

ASRock B450M Steel Legend hadir dengan form factor Micro-ATX, dengan ukuran 24.4 cm x 24.4 cm. Sebagai motherboard Micro-ATX, motherboard ini tentunya tidak menawarkan opsi ekspansi sebanyak yang bisa ditawarkan motherboard yang berukuran lebih besar, tetapi memungkinkan penggunanya membangun PC dengan ukuran lebih ringkas. Untuk yang mencari motherboard dengan form factor ATX, ASRock juga punya varian B450 Steel Legend yang merupakan motherboard ATX.

*klik untuk memperbesar

Motherboard ini, sesuai namanya, hadir dengan chipset AMD B450 dan mengusung soket AMD AM4. Dukungan untuk prosesor Summit Ridge (Ryzen 1000 Series), Pinnacle Ridge (Ryzen 2000 Series), serta Raven Ridge (Ryzen APU 2000 Series) tentu saja ditawarkan oleh motherboard ini. Namun, belum ada informasi apakah nantinya motherboard ini juga akan mendukung Ryzen 3000 Series, setidaknya hingga artikel ini kami kerjakan.

PCB dari motherboard ini dibalur dengan warna abu-abu tua, menjurus ke hitam, dengan corak khusus di sekujur sisi depan. ASRock memilih untuk menggunakan kombinasi warna gelap itu dengan warna metalik untuk representasi nama “Steel Legend”, pilihan yang menurut kami memang sesuai. Namun, agar motherboard tidak terlihat membosankan, ASRock menyematkan RGB lighting di shroud untuk area I/O serta di sekeliling heatsink untuk chipset.

Bicara mengenai shroud area I/O, kami melihat ASRock memang beberapa kali menawarkan hal itu di motherboard kelas menengah mereka. Shroud ini dilengkapi dengan tulisan “Steel Legend”, serta area RGB LED tepat di sebelah tulisan tersebut. Sementara untuk I/O shield, ASRock tidak langsung memasangnya ke motherboard. Kita harus memasang shield secara manual ke casing terlebih dahulu ketika merakit PC.

Di balik shroud area I/O terdapat satu dari dua heatsink yang digunakan ASRock untuk membantu pelepasan panas dari komponen-komponen regulator daya motherboard. Kedua heatsink itu tidak dihubungkan oleh heatpipe, yang merupakan suatu hal yang wajar untuk motherboard kelas menengah. Secara umum, heatsink yang diberikan terpasang kokoh ke motherboard karena ASRock menempelkannya dengan baut, bukan dengan push-pin. Sementara untuk surface area dan massa, menurut kami terbilang memadai untuk kelasnya.

Untuk chipset, ASRock menyediakan sebuah heatsink, dengan ukuran sedang, yang juga dihias dengan tulisan “Steel Legend”. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, area di sekitar heatsink ini dilengkapi dengan RGB LED, yang bisa menghasilkan efek tata cahaya seakan mengelilingi chipset. Surface area dan massa heatsink ini juga menurut kami cukup sesuai untuk menjinakkan panas dari chipset B450.

Polychrome RGB di ASRock B450M Steel Legend

Terkait Polychrome RGB, ini adalah andalan dari ASRock untuk pengaturan tata cahaya RGB di motherboard mereka. Aplikasi untuk mendukung Polychrome RGB ini tersedia di situs resmi ASRock, dan ketika kami install ke OS yang dijalankan di sistem berbasis B450M Steel Legend, aplikasi itu langsung mengenali motherboard ketika pertama kali dibuka. Pengaturan untuk dua zona RGB, di I/O Shroud dan di selitar heatsink chipset, langsung bisa dilakukan dari aplikasi ini.

ASRock sudah menyediakan beberapa preset efek untuk tata cahaya sistem Polychrome RGB di motherboard ini. Secara standar, ASRock mengatur tampilan ke efek “Rainbow”. Terdapat banyak efek lain yang ditawarkan, termasuk Static, Breathing, Strobe, Wave, Spring, Stack, Scan, Neon, dan Water. Sementara untuk efek “pintar”, terdapat “Music” di mana tampilan bisa mengikuti output audio dari sistem. Bila Anda termasuk pengguna PC yang tidak menyukai RGB, terdapat opsi “Off Mode”, di mana lampu RGB tidak menyala.

Untuk efek-efek yang ada, tersedia opsi pengaturan untuk warna dan kecepatan efek. Menariknya, bila dibutuhkan, kita juga bisa melakukan pengaturan manual untuk warna masing-masing lampu yang ada di I/O Shroud dan area sekitar heatsink chipset. Sayangnya, tidak ada opsi untuk mengembalikan pengaturan ke kondisi default untuk masing-masing efek, sehingga ketika kita sudah melakukan pengubahan warna di salah satu RGB LED, kita harus mengaturnya secara manual untuk mengembalikan ke warna yang sesuai dengan default dari efek.

Konektor RGB untuk I/O Shroud, mendukung Polychrome RGB

Selain dua zona RGB LED yang ada di motherboard, aplikasi “Polychrome Sync” ini juga bisa digunakan untuk melakukan pengaturan LED strip yang terpasang ke motherboard, serta RGB LED di heatsink bawaan prosesor AMD. Addressable RGB strip juga didukung oleh aplikasi ini. Sayang sekali, aplikasi ini belum mendukung efek “pintar” lain, yang mungkin lebih berguna, seperti menyesuaikan warna dengan suhu operasi komponen PC.

ASRock B450M Steel Legend ini dilengkapi dengan konektor daya 24-pin ATX dan 8-pin CPU. Konektor 24-pin ditempatkan di sisi kanan slot DIMM. Menurut kami, penempatan konektor 24-pin ini sudah cukup baik, karena tidak menghalangi pemasangan konektor-konektor lain. Sementara untuk konektor 8-pin CPU, posisinya ada di sisi kiri atas motherboard, di celah yang dibentuk oleh shroud I/O dan kedua heatsink yang ada di sekitar slot CPU. Posisi ini merupakan posisi yang wajar untuk konektor tersebut, dan pemasangan konektor pun tidak terlalu sulit walaupun celah yang ada cukup sempit.

Untuk slot DIMM, terdapat 4 DIMM di motherboard ini, yang mendukung DDR4 Unbuffered Non-ECC. ASRock menyebutkan bahwa motherboard ini mendukung kecepatan hingga DDR4-3533 ketika disandingkan dengan prosesor Pinnacle Ridge, atau DDR4-3466 ketika pengguna menggunakan Summit Ridge dan Raven Ridge. Tentu saja, kecepatan yang bisa dicapai akan berbeda sesuai dengan tuning yang dilakukan masing-masing pengguna. Sementara untuk kapasitas, motherboard ini mendukung hingga 64 GB, dengan menggunakan 4 keping RAM 16 GB. Belum ada informasi apakah nantinya motherboard ini akan mendukung DIMM Double Capacity atau tidak. Konfigurasi channel yang didukung tentu saja maksimal dual-channel.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES