in: News | May 21, 2019 | by: Rifqi Sulthan

HPE Akuisisi Salah Satu Perusahaan Superkomputer Terbesar di Dunia

Pada pekan lalu, Hewlett Packart Enterprise (HPE) dan Cray memberikan pengumuman yang cukup menarik. Kedua perusahaan superkomputer ini mengumumkan bahwa HPE akan mengakuisisi Cray dengan harga sekitar USD 1,3 milyar. Ketika kesepakatan akuisisi ini telah ditutup, HPE akan menjadi salah satu perusahaan superkomputer terbesar.

Cray, perusahaan superkomputer yang telah berdiri sejak tahun 1972 ini merupakan salah satu pencetus superkomputer. Cray-1, superkomputer pertama mereka merupakan komputer tercepat pada zamannya, dan terjual hingga USD 8,8 juta. Belum lama ini, Cray bersama dengan AMD juga menandatangani kontrak dengan Departemen Energi Amerika Serikat untuk membuat Frontier, superkomputer exascale yang rencananya akan digunakan pada Laboratorium Nasional Oak Ridge pada tahun 2021. Selain itu, Cray juga bekerjasama dengan Intel untuk membuat superkomputer exascale lainnya yang diberi nama Aurora.

HPE sendiri merupakan perusahaan superkomputer dengan skala lebih kecil dibandingkan dengan Cray. Akuisisi ini dapat digunakan oleh HPE untuk mengembangkan teknologi mereka menggunakan teknologi dari Cray, termasuk Slingshot interconnect dan Shasta, arsitektur sistem terbaru dari superkomputer milik Cray. HPE juga bergerak di bidang olah data besar, termasuk analisa menggunakan AI. Cray merupakan perusahaan superkomputer kedua yang diakuisisi oleh HPE, setelah pada tahun 2016 lalu mereka mengakuisisi Silicon Graphics.

Menurut perjanjian yang telah disepakati, HPE akan membayar sebesar USD 35 setiap saham yang dimiliki oleh Cray, yang jika dijumlahkan menjadi sekitar USD 1,3 milyar. HPE berharap kesepakatan ini dapat ditutup pada kuartal pertama tahun 2020.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES