in: News | May 16, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Intel: Bug MDS Telah Ditangani Secara Menyeluruh

Kemarin Intel sempat dilaporkan telah menemukan bug Microarchitectural Data Sampling (MDS) yang mempengaruhi hampir seluruh prosesor Intel yang dirilis sejak tahun 2008, dengan pengecualian prosesor dengan arsitektur  Whiskey Lake (ULT refresh), Whiskey Lake (desktop), Xeon Scalable Generasi ke-2 serta Atom dan Knights. Bug ini hampir menyerupai Spectre yang ditemukan pada awal tahun 2018. Hari ini, Intel memberikan statement-nya melalui email yang dikirimkan ke tim Jagatreview bahwa masalah tersebut sudah teratasi. Berikut pernyataan resmi dari Intel terkait MDS:

Intel menyadari adanya Microarchitectural Data Sampling (MDS) yang berpengaruh pada perangkat yang menjalankan chip kami. Microarchitectural Data Sampling (MDS) sudah ditangani pada tingkat perangkat keras di sejumlah prosesor Intel Core Generasi ke 8 dan 9, serta grup Prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-2. Untuk produk lain yang terkena dampak, mitigasi tersedia melalui pembaruan mikrokode, ditambah dengan pembaruan terkait dengan sistem operasi dan perangkat lunak hypervisor yang tersedia mulai hari ini.

Kami telah memberikan informasi terkait hal ini di situs web kami dan terus mendorong semua orang untuk selalu memperbarui sistem mereka, sebagai salah satu cara terbaik untuk tetap terlindungi. Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada para peneliti yang bekerja bersama kami dan mitra industri kami atas kontribusinya dalam pemberitahuan yang terkoordinasi mengenai masalah-masalah ini.

Intel menyatakan bahwa MDS telah ditangani secara menyeluruh. Mereka juga menambahkan bahwa update mikrokode telah dibagikan ke vendor sistem operasi. Bagi pengguna yang terkena dampak dapat melakukan pembaruan yang terdapat pada sistem operasi mereka. Intel menyarankan kepada seluruh pengguna PC untuk selalu memperbarui sistem operasi mereka, agar tetap terlindungi dari kejadian sejenis.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES