in: News | May 10, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Intel Umumkan Prosesor 10 nm Tiger Lake, Kartu Grafis Xe, dan Xeon 7nm

Intel merilis pengumuman yang cukup menarik di acara Investor Day mereka. Raksasa semikonduktor dari AS itu mengumumkan berbagai produk mereka yang akan datang, termasuk prosesor 10nm Tiger Lake yang akan memasuki pasar pada tahun 2020. Selain itu, mereka juga menggarap proyek fabrikasi 7nm milik mereka yang akan diluncurkan di tahun 2021, untuk menandingi fabrikasi 5nm milik TSMC.

Gregory M. Bryant, dari Intel, menjelaskan bahwa Tiger Lake akan menggunakan arsitektur core yang benar-benar baru. Bryant juga menjelaskan bahwa prosesor yang dilengkapi dengan Xe Graphic Engine tersebut mendukung tampilan monitor 8K atau beberapa tampilan 4K sekaligus. Dengan daya 25W, Tiger Lake memiliki performa grafis hingga empat kali lipat lebih baik dari prosesor Whiskey Lake berdaya 15W, dan untuk prosesor Tiger Lake berdaya 9W mampu memberikan performa dua kali lipat lebih baik daripada Amber Lake dengan daya 5W.

Untuk proses fabrikasi 7nm sendiri, Intel menyatakan bahwa mereka akan mulai meluncurkan produk dengan teknologi tersebut pada tahun 2021. Mereka juga menambahkan bahwa produk 7nm pertama yang akan diluncurkan adalah kartu grafis Xe, yang akan disusul oleh prosesor Xeon untuk kebutuhan server dan data center. 7nm merupakan process node pertama dari Intel yang diproduksi menggunakan teknologi litiografi EUV (extreme ultraviolet), memberikan kerapatan node hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan 10nm, peningkatan performa transistor hingga 15% dan perbandingan performa-per-watt hingga 20%.

Hingga saat ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dari prosesor dan kartu grafis dari Intel yang menggunakan proses 7nm. Kita tunggu saja informasi lebih jauhnya, mengingat Intel akan tetap melanjutkan chip 14nm mereka hingga akhir 2019.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES