in: Display - Highlights | May 3, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Main Game PC Lebih Nikmat dengan Fitur HDR

Kebanyakan gamer saat ini mungkin masih akrab dengan monitor beresolusi Full HD 1080p (1920×1080). Monitor tersebut mungkin dianggap sudah cukup mampu menawarkan kualitas warna yang baik. Akan tetapi, monitor beresolusi 4K (3840×2160) yang kita kenal sebagai UHD (Ultra High Definition) tentunya mampu menawarkan kualitas warna dengan komposisi yang jauh lebih baik dibanding resolusi Full HD. Di sisi lain, perkembangan teknologi monitor yang dihadirkan para produsen kini makin inovatif yang tidak hanya menawarkan monitor beresolusi UHD 4K namun juga dilengkapi dengan fitur pendukung lain seperti HDR (High Dynamic Range). Teknologi HDR yang disuguhkan pada beberapa monitor diklaim dapat memberikan pengalaman lebih bagi pengguna saat menggunakannya, termasuk saat bermain game. Lalu, seperti apa keunggulan yang bisa didapat gamer dari fitur HDR? Berikut kami uraikan secara singkat mengenai fitur HDR pada game.

Apa itu HDR?

Sebelum kita memasuki ke tahap pembahasan fitur HDR pada game, kami jelaskan terlebih dahulu secara singkat mengenai fitur ini. High Dynamic Range merupakan teknologi yang memiliki standar rentang warna DCI-P3. Cara kerja dari fitur HDR pada sebuah monitor terletak pada proses bit pada panel untuk meningkatkan rasio kontras dan warna secara signifikan. Sehingga fitur HDR ini menjanjikan dapat menampilkan tampilan gambar dengan tingkat akurasi warna yang tepat dan lebih natural. Warna yang dihasilkan oleh monitor 4K dengan fitur HDR juga biasanya akan terasa lebih cerah dan dalam, jika dibandingkan dengan monitor non HDR secara berdampingan. Perkembangan HDR sendiri saat ini sudah sampai ke HDR12. Akan tetapi, peningkatan HDR12 dengan HDR10 tidak terlalu signifikan, sehingga HDR10 saat ini masih menjadi standar untuk sebuah perangkat yang mendukung teknologi tersebut. Lantas, kapan saatnya Anda membutuhkan monitor 4K dengan dukungan fitur HDR? Berikut kami mencoba merangkum 5 alasan mengapa saatnya Anda harus melirik monitor 4K dengan fitur HDR di era perkembangan teknologi saat ini!

Fitur HDR Sudah Tersedia di Game

Fitur HDR kini sudah merambah ke industri game. Beberapa game triple AAA yang ada saat ini sudah tersedia menu pengaturan HDR dengan beragam pilihan, mulai dari HDR, HDR 10 hingga HDR scRGB.

Pengaturan HDR pada game Assassin Creed Odyssey

 

Pengaturan HDR pada game Far Cry New Dawn

 

Perbedaan yang akan Anda rasakan akan sangat terasa saat memainkan beberapa game triple AAA saat menggunakan monitor yang mendukung 4K HDR. Dan berikut adalah perbedaan dari HDR dan non-HDR dari beberapa game yang kami mainkan pada monitor LG 27UK850 yang sudah didukung dengan resolusi 4K dan HDR.

Non-HDR
HDR

 

Secara sekilas, perbedaan antara kedua foto di atas mungkin Anda akan berpikir bahwa HDR hanya meningkatkan kontras rasio sehingga mode HDR hanya meningkatkan tingkat kecerahannya saja. Namun jika diteliti lebih jauh, tone dari warna hijau menjadi lebih akurat serta pemandangan bukit-bukit terlihat lebih detail.

Non-HDR
HDR

Seperti yang Anda lihat pada beberapa gambar di atas, kami mencoba memainkan beberapa game PC dengan mambandingkan saat HDR aktif dan tidak diaktifkan. Secara kasat mata mungkin tidak ada perbedaan, namun jika diteliti kembali, tingkat akurasi warna pada saat HDR diaktifkan menjadi lebih tajam, detail dan natural. Para developer game pun saat ini juga sudah menuju ke arah format 4K HDR untuk menawarkan game-game terbaru di masa depan.

HDR Bisa “Didorong” Melalui Windows 10

Keuntungan pertama jika Anda memiliki sebuah monitor 4K HDR saat ini adalah adanya dukungan dari Microsoft. Melihat potensi HDR yang terus berkembang, Microsoft pun mencoba melakukan inovasi melalui sistem operasi andalannya, Windows 10, yang telah dilengkapi dengan pengaturan HDR. Cara kerja dari fitur HDR di Windows 10 ini adalah dengan melakukan kalibrasi pada video HDR yang Anda miliki dengan syarat tentunya monitor yang Anda gunakan sudah mendukung HDR.

Menariknya, fitur HDR di Windows 10 juga bisa “memaksa” menu setting HDR pada game, seperti yang kami temukan pada game Forza Horizon 4.

Saat HDR tidak diaktifkan di Windows 10
Saat HDR aktif di Windows 10
Non-HDR
HDR

Pada gambar di atas, kualitas warna dari game Forza Horizon 4 menjadi lebih cerah dan warnanya pun terasa “soft” dan natural dengan mengaktifkan fitur HDR di Windows 10. Bagi Anda yang sudah memiliki monitor yang mendukung fitur HDR tentu bisa mengaktifkan fitur HDR yang ada di Windows 10.

Monitor 4K HDR Sudah Mulai Terjangkau

Beberapa tahun lalu, monitor dengan resolusi 4K mungkin masih menjadi barang yang mewah. Biasanya Anda akan merogoh kocek yang cukup dalam hingga belasan juta Rupiah untuk memenuhi kebutuhan Anda akan sebuah monitor 4K HDR. Akan tetapi, hal tersebut tampaknya sudah bisa diantisipasi melalui salah satu seri produk monitor terbaru milik LG dengan nama seri LG 27UK850.

Monitor yang memiliki spesifikasi dengan layar berukuran 27” dan panel IPS, serta tentunya didukung dengan resolusi 4K dan fitur HDR10, LG 27UK850 dibanderol dengan harga cukup terjangkau yakni berkisar Rp. 8,6 jutaan. Dengan spesifikasi yang ditawarkannya, monitor ini tergolong cukup terjangkau di kelasnya. Terlebih lagi, monitor ini didukung konektivitas yang tergolong cukup lengkap serta dukungan audio dua buah speaker bertenaga 5W.

Future Proof

Melihat tren 4K HDR pun saat ini masih terus dikembangkan termasuk di industri game. Beberapa game saat ini makin banyak menawarkan fitur HDR di dalamnya, baik itu di game PC maupun game konsol. Sehingga monitor dengan format 4K HDR tentu akan menjadi sebuah investasi penting dan jangka panjang yang wajib Anda miliki. Bahkan di masa yang akan datang, akan ada kecenderungan, dimana para gamer ingin menikmati sebuah visual warna yang tajam dan natural pada game favorit, sehingga mereka akan sulit lepas dari monitor yang menawarkan resolusi tinggi serta adanya dukungan fitur HDR.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES