in: News | May 27, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Pembukaan Computex 2019: Hadirkan CEO AMD

Sehari sebelum Computex 2019 dibuka, sebuah acara digelar untuk menyambut pihak-pihak yang menghadiri acara akbar tahunan itu. TAITRA dan TCA, seperti biasa, memberikan kata sambutan mereka dan menyampaikan gambaran terkait apa saja yang bisa dijumpai dalam 4-5 hari ini. Satu hal yang menarik, bukan hanya TAITRA dan TCA, pembukaan Computex tahun ini juga diisi oleh keynote dari CEO AMD, Lisa Su.

Computex 2019: Ajang Rilis Banyak Produk Menarik Baru

Walter Yeh, dari TAITRA, yang membuka sesi press conference tahunan ini, menyebutkan bahwa tahun ini akan ada banyak hal baru yang ditampilkan banyak perusahaan global di Computex 2019. Bahkan, banyak produk dari perusahaan-perusahaan itu yang akan dirilis di acara akbar ini. Salah satu yang mungkin banyak ditunggu adalah dari AMD, seperti yang sudah disebutkan di atas.

AMD: EPYC, GPU Navi, dan Ryzen Zen 2

Mengawali keynote-nya, Lisa Su membahas ulang tahun ke-50 AMD. Selama 50 tahun ini, AMD menghasilkan banyak sekali produk, yang dipakai di banyak produk di sekitar kita, tidak terbatas di PC saja. Di Computex 2019 ini, mereka juga akan mengumumkan produk baru yang menarik, dari lini EPYC, Radeon, dan Ryzen.

Pertama, Lisa Su membahas EPYC, prosesor data center mereka, yang beberapa waktu lalu dipilih sebagai prosesor untuk suatu supercomputer baru yang diproyeksikan sebagai yang terkencang di dunia, untuk tahun 2021 mendatang. EPYC juga akan hadir untuk supercomputing scale cloud, bersama Microsoft Azure. Ada juga update terkait EPYC “Rome”, prosesor data center 7 nm pertama, generasi kedua dari EPYC, yang akan dirilis di kuartal ketiga tahun ini.

Berikutnya, ada pembahasan awal dari Navi, termasuk arsitektur RDNA (Radeon DNA) di mana AMD menyebutnya sebagai arsitektur untuk gaming. RDNA ini disebut akan punya performa yang lebih baik, per clock dan per watt, dibandingkan pendahulunya. Radeon RX 5000 juga diperkenalkan sebagai GPU Navi pertama, dengan produk pertama, RX 5700, hadir di bulan Juli 2019. GPU Navi dan CPU Zen 2 juga dikonformasi akan hadir di console generasi berikutnya dari Sony, PlayStation 5.

Terakhir, AMD mengumumkan CPU Zen 2, dalam wujud Ryzen 3rd Gen. yang juga akan hadir dalam waktu dekat ini. Produk ini hadir dengan fabrikasi 7 nm, dengan soket AM4 generasi ketiga, serta merupakan yang pertama yang mengusung PCIe 4.0. Akan ada beberapa prosesor di keluarga ini, bahkan hingga lebih dari 8 core, di Ryzen 9, dengan 12 core di soket AM4. Ryzen 3rd Gen. ini akan mulai dipasarkan Juli 2019 nanti.

Informasi lebih lengkap terkait produk yang diumumkan AMD tersebut bisa dilihat di artikel terpisah yang kami siapkan.

Juga Akan Hadirkan Intel

Selain AMD, TAITRA juga menghadirkan perwakilan produsen chip ternama yang tidak kalah tenar, Intel. Namun, untuk Intel, keynote yang akan dibawakan oleh wakil mereka, Gregory M. Bryant, akan hadir di acara yang digelar besok, Selasa, 28 Mei 2019. Apa yang akan disampaikan Intel di keynote tersebut? Mari kita tunggu!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES