in: News | May 30, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Rangkaian Produk Komponen Terbaru ASUS dari Computex 2019

Sebelum Computex 2019 dimulai, ASUS, salah satu perusahaan ternama dari Taiwan, sudah mulai memperkenalkan produk baru mereka. Kami sudah sempat membahas sebagian di antaranya, termasuk produk motherboard berbasis chipset AMD X570; motherboard konsep untuk HEDT, Prime Utopia; X299 Prime Edition 30 yang ditujukan sebagai produk spesial untuk ulang tahun ASUS ke-30; serta beberapa produk mereka yang lain. Namun, ternyata bukan itu saja produk baru mereka. Saat mengunjungi booth mereka, kami masih menjumpai beberapa produk baru lain.

Kali ini, kami akan mencoba membahas secara singkat produk-produk baru nan menarik itu. Mari kita mulai dari produk untuk gamer, dari lini Republic of Gamers.

Monitor Gaming Portabel: ROG Strix XG17

ASUS punya monitor gaming, dan ASUS pun punya monitor portabel. Namun, kali ini yang ditampilkan ASUS adalah monitor portabel yang hadir dengan fitur yang cocok untuk gaming. Monitor itu adalah ROG Strix XG17

Sesuai namanya, monitor ini hadir dengan ukuran layar 17″, panel IPS, serta resolusi Full HD. Sebagai monitor portabel, monitor ini hanya berbobot 800 gram, dan dilengkapi baterai yang disebut bisa membuatnya bisa digunakan hingga 3 jam dalam kondisi tidak terhubung ke sumber daya. Menariknya lagi, monitor ini hadir dengan refresh rate 240 Hz dengan adaptive-sync, membuatnya cocok untuk gamer.

ROG Strix XG17 juga bisa digunakan untuk smartphone

ROG Strix XG17 ini memiliki input USB Type C, sehingga cocok untuk digunakan bersama perangkat mobile lain, baik itu laptop, tablet, hingga smartphone. Input Micro HDMI juga tersedia. Fitur isi ulang cepat memungkinkan monitor ini bisa digunakan hingga hampir 3 jam dengan hanya 1 jam isi ulang daya.

Masih dari lini monitor, ASUS juga membawa monitor gaming baru yang telah mendukung G-Sync Ultimate, ROG Swift PG27UQX. Layar monitor ini menggunakan Mini LED, dengan panel IPS, serta resolusi 4K. HDR juga sudah ditawarkan monitor dengan diagonal 27″ ini.

ROG PG27UQX

ASUS menyebutkan bahwa PG27UQX ini menawarkan refresh rate hingga 144 Hz, serta brightness hingga 1000 nits sesuai dengan DisplayHDR1000. Monitor ini memiliki color gamut 99% Adobe RGB dan sesuai standar 97% DCI-P3.

PSU dan Watercooling AIO Baru

Melanjutkan lini produk yang sudah mereka umumkan tahun lalu, ASUS memperkenalkan PSU dan watercooling AIO baru. Produk yang mereka perkenalkan kali ini diposisikan di kelas yang lebih terjangkau. Namun, bukan berarti produk-produk itu jadi tidak terlalu menarik.

Untuk PSU, ada ROG Strix yang hadir dengan kapasitas daya 650W dan 750W. PSU baru ini hadir dengan sertifikasi 80 PLUS Gold, serta dibekali beberapa komponen seperti yang digunakan kakaknya, ROG Thor, salah satunya ROG Heatsink. PSU baru ini juga mengusung desain full modular, dengan opsi kustomisasi tampilan menggunakan badge magnetik dan stiker. ROG Strix ini disebut menggunakan Japanese capacitor dan memiliki efisiensi yang baik, sehingga cocok untuk gamer.

Sementara untuk watercooling AIO, ada ROG Strix LV, dengan opsi radiator 120 mm, 240 mm, dan 360 mm. ASUS menawarkan produk ini sebagai opsi pendingin mumpuni yang dilengkapi dengan gaya kekinian, dari ARGB LED, yang kompatibel dengan Aura Sync. Desain radiator dan kipas dari ROG Strix LC ini sudah dioptimalkan untuk CPU performa tinggi, baik dari Intel maupun AMD.

Audio Berkualitas, Bukan Sekadar untuk Gaming

ASUS kembali menghadirkan produk baru mereka untuk jajaran headset gaming. Kali ini, mereka memperkenalkan ROG Theta dan Theta Electret. Keduanya didesain bukan cuma untuk gaming saja, tetapi juga untuk gamer menikmati audio kualitas tinggi.

ROG Theta 7.1
ROG Theta Electret

ROG Theta hadir dengan virtual surround yang menghasilkan 7.1 surround sound dengan empat ASUS Essence driver. Headset ini juga dibekali noise cancelling berbasis AI, serta menggunakan input USB Type C. Tersedia juga ESS SABRE9601 dan DAC 7.1 khusus untuk mendukung kualitas audionya. Sementara untuk ROG Theta Electret, headset ini hadir dengan input jack 3.5 mm serta electret driver dan dynamic subwoofer untuk kualitas audio hi-fi.

Aura Creator: Kreasikan Tata Cahaya RGB Sendiri

ASUS juga menampilkan versi awal dari Aura Creator, aplikasi desain tata cahaya RGB mereka. Hadir dengan interface mirip dengan aplikasi editing video, pengguna bisa menyusun tampilan RGB LED sesuai kreasi mereka, dengan pola dan warna yang bisa diatur dan dikombinasikan dalam beberapa layer, yang memungkinkan hadirnya tampilan yang unik. Aplikasi ini kompatibel dengan jajaran produk ASUS yang mendukung Aura Sync, dan bisa digunakan untuk beberapa perangkat sekaligus.

Beberapa perangkat yang mendukung Aura Sync terhubung ke laptop dengan Aura Creators

Zenscreen Touch: Monitor Portabel dengan Layar Sentuh

Di luar jajaran perangkat gaming, ASUS juga menampilkan beberapa produk baru. Untuk monitor, ada Zenscreen Touch, varian baru untuk monitor portabel mereka, yang kini hadir dengan kapabilitas touchscreen dan dilengkapi baterai. Layar dari Zenscreen Touch ini berukuran 15.6″, dengan panel IPS, resolusi Full HD, serta desain NanoEdge.

Zenscreen Touch ini memiliki baterai 7800 mAh, dengan waktu pemakaian sekitar 4 jam di brightness 100%. Tersedia input Micro HDMI dan USB Type C. Untuk USB Type C, monitor ini bahkan kompatibel dengan smartphone dan tablet. Sementara untuk PC, monitor ini juga menambahkan kapabilitas touch input.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES