in: News | May 7, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Seagate Mulai Distribusikan Harddisk 16 TB “PRM”

Seagate baru saja mengumumkan bahwa mereka telah mulai mendistribusikan harddisk 16 TB PRM sejak akhir Maret 2019. Mereka berencana untuk melakukan produksi massal di paruh kedua tahun 2019, dan di paruh kedua tahun 2020, drive 16 TB mereka diproyeksikan menjadi produk dengan pendapatan tertinggi bagi mereka. Hard drive tersebut tidak menggunakan teknologi heat assisted magnetik recording (HAMR), tetapi menggunakan teknologi perpendicular magnetic recording (PMR) yang disokong dengan teknologi two-dimensional magnetic recording (TDMR).

Bulan Desember tahun 2018 lalu, beberapa pihak disebut telah menerima sampel hard drive Exos X16 HAMR. Namun, ternyata Seagate belum melanjutkan pengembangan drive HAMR tersebut, dan fokus ke 16 TB 3.5″ berisi helium dengan teknologi 9-platter PMR + TDMR. Seagate belum memberikan informasi lengkap tentang perkembangan dari drive 16 TB mereka yang menggunakan teknologi HAMR.

Hal ini merupakan sebuah kemajuan dari Seagate, karena transisi dari 8-platter ke 9-platter bukanlah hal yang mudah. Transisi ini membutuhkan desain ulang komponen internal dari drive tersebut. Keuntungannya, drive dapat memiliki ukuran penyimpanan yang lebih besar. Seagate merupakan produsen kedua setelah Toshiba, yang menggunakan teknologi 9-platter ini.

Hadirnya drive 16 TB ini sangat membantu kreator konten yang membutuhkan ukuran storage lebih untuk proyek mereka. Hingga saat ini, belum ada informasi dari Seagate mengenai harga dari produk ini. Mereka juga belum memberi informasi mengenai ketersediaan produk ini di Indonesia.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES