in: News | May 13, 2019 | by: Rifqi Sulthan

SK Hynix Mulai Kirimkan Sampel 96-layer 4D NAND Flash Chip

SK Hynix mengumumkan bahwa hari ini mereka telah mulai mengirimkan sampel dari chip 96-layer 4D NAND flash ke kustomer mereka. Sampel baru ini mencakup memory die dengan 1 terabit (Tb), Quad Level Cell (QLC) yang ditargetkan untuk SSD generasi mendatang, dengan kapasitas tinggi berdasarkan teknologi QLC. Produk ini diluncurkan untuk menandingi teknologi 96-layer NAND flash dari produsen storage lainnya.

Teknologi QLC mampu menyimpan hingga 4 bit dalam satu flash cell, yang artinya 33% bit lebih banyak dari TLC (Triple Level Cell) yang hanya mampu menyimpan 3 bit dalam satu flash cell. Teknologi ini disebut 4D NAND karena menggunakan kombinasi teknologi 3D Charge Trap Flash (CTF) dan Periphery Under Cell (PUC).

SK Hynix menyatakan bahwa dengan 96-layer 4D NAND mampu meningkatkan densitas bit hingga 49% dari 72-layer 3D NAND. Berdasarkan informasi yang diberikan, persebaran QLC di pasar NAND flash akan meningkat dari 3% di tahun 2019 ke 22% di tahun 2023.

SK Hynix juga berencana untuk mengembangkan algoritma software dan kontroler untuk QLC mereka yang rencananya akan digunakan pada SSD dengan basis QLC milik perusahaan ini pada tahun depan. Dengan dirilisnya SSD berbasis QLC, konsumen jadi memiliki pilihan yang lebih banyak untuk SSD mereka. Jadi, apakah kalian tertarik untuk mencoba teknologi storage terbaru ini?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES