in: News | May 23, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Toshiba dan WD Sepakati Kerjasama Investasi Pabrik Chip SSD

Hari Jumat pekan lalu, Toshiba Memory dan Western Digital telah menyetujui kesepakatan kerjasama investasi dalam pembangunan fasilitas manufaktur K1. Fasilitas ini terletak di Kiwami, Prefektur Iwata, Jepang. Pabrik ini sedang dibangun oleh Toshiba Memory dan direncanakan selesai tahun depan.

K1 dibangun dalam empat tahap. Instalasi peralatan untuk produksi awal merupakan tahap pertama, yang rencananya akan dimulai pada bulan Juni 2019. K1 akan menjadi pabrik terbesar dari Toshiba Memory dan Western Digital. Wafer pertama mereka, rencananya, merupakan memori flash 96-layer 3D NAND yang akan mulai diproduksi di K1 pada paruh awal tahun 2020, dan produksi massal pada paruh akhir tahun 2020. Selain produksi, pabrik ini juga akan digunakan sebagai tempat kerjasama dalam penelitian dan pengembangan dari kedua vendor ini.

Sesuai perjanjian yang disepakati, Western Digital akan mendanai sebesar 50% dari biaya startup K1 dan 50% biaya produksi fase pertama, yang jika dijumlahkan sebesar USD 660 juta. Selain itu, Western Digital juga harus membayar biaya penyusutan K1 sebesar USD 360 juta yang dihitung sejak paruh kedua tahun 2019 hingga tiga tahun yang akan datang.

Fasilitas produksi ini secara formal akan dimiliki oleh pihak ketiga (Flash Forward Ltd.) yang akan menjual wafer mereka ke pemilik. Ketika Western Digital memiliki sejumlah saham yang telah ditentukan, mereka akan memiliki hak untuk membeli wafer dengan harga yang sama dengan Toshiba Memory. Akan tetapi, jika harga sahamnya jatuh di bawah batas yang telah ditentukan, Western Digital akan menanggung biaya permanen yang berhubungan dengan operasional K1 di batas tersebut.

Untuk saat ini, K1 akan fokus memproduksi 3D NAND flash, dan K1 sendiri akan menjadi pabrik terbesar yang dioperasikan oleh Toshiba Memory dan Western Digital. Walaupun harga flash memori untuk saat ini terus menurun, kedua perusahaan ini tetap optimis tentang masa depan dari pabrik ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES