in: News | May 7, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Windows Terminal: Command Line Tool Terbaru dari Microsoft

Microsoft, di konferensi “Build” tahunan mereka, yang tengah digelar di AS, mengumumkan command line tool baru. Command line tool yang diberi nama “Windows Terminal” ini mengintegrasikan berbagai aspek dari command line tool lain ke dalam satu paket aplikasi. Windows Terminal akan dirilis melalui Microsoft Store di Windows 10, dan akan mendapatkan pembaruan secara reguler.

Windows Terminal ini mendukung perintah-perintah dan fungsi dari berbagai command line tool. Terdapat fungsi Command Prompt, PowerShell, Raspberry pi via SSH, serta WSL yang mencakup Ubuntu, openSUSE, dan Debian. Program ini mendukung fitur multi-tab, sehingga pengguna dapat menjalankan beberapa perintah dalam satu window.

Program ini menggunakan akselarasi GPU untuk rendering teks-nya. Dengan adanya fitur ini, Windows Terminal mampu mendukung simbol, ikon dan emoji. Akselarasi GPU juga meningkatkan performa keseluruhan dari Windows Terminal. Terdapat berbagai kustomisasi yang dapat dilakukan oleh pengguna, seperti pada tema, warna, font, hingga background blur, ataupun transparan.

Windows Terminal dibuat secara open source, dan kodenya sudah dapat dicek melalui GitHub resmi dari Microsoft. Microsoft sendiri berencana akan merilis preview pada musim panas tahun 2019, untuk mengumpulkan berbagai feedback dari penggunanya. Versi 1.0 sendiri akan diluncurkan pada musim dingin 2019 setelah memastikan bahwa program tersebut layak rilis.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES