in: News | June 10, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Brain Talker: Brain-Computer Codec Chip Pertama di Dunia

Perkembangan teknologi pada akhir-akhir ini telah menciptakan berbagai inovasi baru. Salah satunya adalah Brain Computer Interfaces (BCI). BCI memungkinkan sebuah perangkat untuk dikendalikan oleh penggunanya hanya melalui pikiran dalam otak. Baru-baru ini, ilmuwan asal Cina berhasil mengembangkan sebuah Brain-Computer Codec Chip (BC3) pertama di dunia, yang diberi nama Brain Talker.

Teknologi yang sering ditampilkan dalam film sci-fi ini sebenarnya bukanlah hal yang baru, karena BCI sudah mulai dikembangkan sejak lama. Pada tahun 2008 silam, Emotiv berhasil mengembangkan Neuroheadset untuk gamers, dan pada tahun 2012, seorang ilmuwan asal Swiss berhasil mengembangkan robot yang dapat dikontrol dengan pikiran secara langsung.

BC3 ini dikembangkan oleh China Electronics Corp dan Tianjin University, dan dinyatakan sebagai intellectual property yang independen seluruhnya. Perangkat yang dilengkapi dengan BC3 akan mampu memproses gelombang elektronik yang dipancarkan oleh otak manusia. Gelombang elektrik ini selanjutnya akan di-decode untuk memberikan perintah spesifik bagi perangkat tersebut. Seluruh alur ini berjalan tanpa membutuhkan jalur neuromuscular tubuh manusia.

Dong Ming, Dekan dari Academy of Medical Engineering and Translational Medicine di Tianjin University menyatakan bahwa gelombang yang dipancarkan oleh otak akan bercampur dengan noise. Brain Talker memiliki kemampuan untuk membedakan gelombang elektrik nueral minor dan men-decode informasinya secara efisien, sehingga mampu meningkatkan kecepatan dan akurasi dari BCI. Dalam blognya, mereka menambahkan bahwa Brain Talker akan dapat digunakan pada perangkat portabel, hingga wearable. Rencananya, produk ini akan digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk perangkat bantu yang dapat digunakan oleh pengguna disabilitas.

Sumber: Hexus

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES