in: Computex 2019 - Display | June 1, 2019 | by: Gatot Tri Yuwono

Computex 2019: Mengenal “Tactical Gaming Monitor” dari Gigabyte Aorus

Tahun ini, Gigabyte dengan Brand Aorus akhirnya merambah pasar monitor untuk segmen gaming. Aorus AD27QD Gaming Monitor menjadi produk pertama yang diluncurkan ke pasaran dan diklaim sebagai “World’s First Tactical Gaming Monitor”. Monitor ini diklaim memiliki fitur eksklusif yang membuat gamer yang menggunakannya akan memiliki keuntungan lebih dibandingkan lawan mainnya. Fitur ekslusif tersebut mencakup Black Equalizer, Aim Stabilizer, GameAssist, AORUS Dashboard, OSD Sidekick, dan juga Active Noise Cancelling (ANC).

Fitur OSD SideKick merupakan salah satu fitur menarik dari lini produk Tactical Gaming Monitor dari Gigabyte Aorus. Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur Setting monitor dengan menggunakan Software. Tidak perlu repot lagi mengatur Setting monitor melalui menu pada monitor yang terkadang sulit dinavigasi akibat tombol menu yang kurang nyaman digunakan. Pengguna cukup mengunakan Mouse untuk mengatur semua Setting monitor.

Melalui Software ini pengguna juga dapat mengaktifkan fitur eksklusif Tactical Gaming Monitor seperti Black Stabilizer (Membuat area gelap pada game menjadi lebih terang) dan juga Aim Stabilizer (Mengurangi efek Blur akibat Recoil Effect saat menembak di game FPS). Fitur GameAssist untuk memunculkan Crosshair, Counter, Timer, dan Multi-screen Alignment Lines pada layar juga dapat diakses menggunakan Software ini. Menariknya, pengguna dapat melakukan kostumisasi bentuk Crosshair sesuai dengan keinginan.

Melalui fitur Aorus Dashboard monitor ini juga dapat memunculkan informasi kondisi sistem seperti Temperatur, Clock Speed, Fan Speed, bahkan tingkat Mouse DPI (Hanya untuk Mouse Aorus).

Pengaturan HotKey untuk menagktifkan/menonaktifkan fitur pada monitor juga tersedia pada Software ini.

Memilih konektor Input Display, Audio Source, OSD Setting, dan lainnya juga disediakan pada menu Software.

Terdapat pula fitur Active Noise Cancelling (ANC) yang dapat digunakan pada semua tipe Headphone. Cukup dengan menancapkan konektor Headphone ke layar maka suara menggangu dari lingkungan sekitar dapat dikurangi seminimal mungkin. Membuat gamer dapat mendengar suara dalam game dan percakapan dengan lawan bicara menjadi lebih jelas.

Gigabyte Aorus menyediakan Update secara berkala untuk Firmware monitor mereka. Menyesuaikan Setting monitor dengan game tertentu untuk tampilan paling optimal.

Aorus AD27QD Gaming Monitor

Mari kita melihat deretan produk Tactical Gaming Monitor yang dipamerkan dan diluncurkan selama gelaran Computex 2019. Produk pertama adalah Aorus AD27QD Gaming Monitor yang dirilis awal tahun ini. Produk yang satu ini masih menjadi tipe tertinggi Tactical Gaming Monitor dari Gigabyte Aorus. Monitor ini memiliki ukuran 27 inci dengan tingkat resolusi 2560 x 1440 piksel. Istimewanya, panel yang digunakan IPS 10-bit Color dengan tingkat Color Gamut 95% DCI-P3.dan mendukung standar HDR400. Semakin istimewa karena dengan panel mewah seperti itu, monitor ini memiliki tingkat Refresh Rate 144 Hz dengan Response Time 1 MS. Monitor ini mendukung teknologi FreeSync dan telah mendapatkan sertifikasi G-Sync Compatible.

Aorus KD25F Gaming Monitor

Bertepatan dengan gelaran Computex 2019, Aorus KD25F Gaming Monitor yang dirancang khusus untuk game tipe FPS ini resmi diluncurkan. Ia memiliki tingkat Refresh Rate 240 Hz dan Response Time 0,5 MS yang tergolong tinggi untuk standar monitor secara keseluruhan untuk saat ini. Monitor ini memang menggunakan panel TN Full HD untuk mencapai tingkat Refresh Rate dan Response Time setinggi itu. Walaupun begitu, monitor ini menggunakan panel TN 8-bit Color dengan Color Gamut 100% sRGB yang membuat tampilan lebih kaya warna dibandingkan monitor TN konvensional dengan 6-bit Color. Monitor ini mendukung FreeSync dan G-Sync Compatible.

Aorus CV27F Gaming Monitor

Aorus CV27F Gaming Monitor merupakan monitor lengkung pertama dari Gigabyte Aorus yang juga dirilis bertepatan dengan gelaran Computex 2019. Berbeda dengan monitor lengkung pada umumnya yang menggunakan Curvature 1800R, Aorus CV27F Gaming Monitor menggunakan Curvature 1500R yang diklaim lebih natural karena mirip dengan lengkungan mata manusia sehingga memberikan kesan lebih imersif. Monitor ini menggunakan panel VA 8-bit Color dengan tingkat Color Gamur 90% DCI-P3 dan ukuran 27 inci. Monitor Full HD ini juga memiliki tingkat Refresh Rate 165 Hz dan Response Time 1 MS. Sementara teknologi Dynamic Refresh Rate yang didukung adalah FreeSync2 HDR.

Aorus CV27Q Gaming Monitor

Aorus CV27Q Gaming Monitor merupakan varian dari CV27F tetapi dengan resolusi QHD atau 2560 x 1440 piksel. Akan tetapi berbeda dengan saudaranya, monitor ini telah mendukung fitur Black Stabilizer 2.0. Pada monitor, fitur Black Stabilizer diguanakan untuk membuat area gelap pada game menjadi lebih terang sehingga mudah melihat objek yang ada. Walaupun begitu, fitur Black Stabilizer memiliki efek samping membuat warna menjadi kusam. Fitur Black Stabilizer 2.0 memperbaiki masalah tersebut dengan panel tambahan di dalam monitor yang membuat warna tetap tampil seperti tidak menggunakan fitur Black Stabilizer. Untuk tipe yang satu ini belum diketahui kapan akan dirilis resmi ke pasaran.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES