in: Highlights - News | June 28, 2019 | by: Rifqi Sulthan

DisplayPort 2.0: Tampilan Resolusi 16K dengan 60Hz Refresh Rate

Tingginya permintaan pasar akan kualitas display yang baik membuat Video Electronics Standards Association (VESA) terus melakukan invoasi terhadap DisplayPort mereka. VESA baru saja mengumumkan bahwa mereka telah merilis konektor DisplayPort versi 2.0. VESA menjelaskan bahwa DP 2.0 akan mampu menampilkan resolusi lebih tinggi dari 8K, dengan refresh rate yang lebih tinggi di resolusi 4K dan penggunaan aplikasi Virtual Reality.

VESA juga menyatakan bahwa DP 2.0 akan memiliki kompatibilitas dengan versi DisplayPort yang sebelumnya, dan mendukung berbagai fitur yang terdapat di versi sebelumnya, seperti Display Stream Compression (DSC) dan Forward Error Correction (FEC), walaupun kecepatannya akan dilimitasi oleh antar muka yang digunakan. Perangkat display dapat disambungkan melalui konektor DP, ataupun USB Type-C melalui DisplayPort Alt Mode. DP 2.0 memanfaatkan lapisan antarmuka fisik (PHY) dari Thunderbolt 3, sehingga mampu mempertahankan bandwith data dari konektor ini.

DP 2.0 menawarkan data bandwith hingga 77,4 Gbps, hampir tiga kali lipat jika dibandingkan dengan DisplayPort versi sebelumnya. Tingginya bandwith pada antarmuka ini membuat DP 2.0 dapat digunakan dengan konfigurasi yang cukup ekstrem. DP 2.0 mampu memberikan resolusi 16K (15360 x 8460) di 60Hz dan 30 bpp dengan DSC aktif. Untuk konfigurasi dua display, DP 2.0 mampu memberikan resolusi 8K (7680 x 4320) dengan refresh rate hingga 120Hz.

DP 2.0 juga menawarkan efisiensi tenaga yang lebih baik, karena telah memiliki kapabilitas Panel Replay dari VESA, yang mampu mengoptimalkan tenaga, performa serta temperatur pada perangkat yang lebih kecil. seperti AIO dan laptop. VESA di akhir laporannya menambahkan bahwa produk dengan antarmuka DP 2.0 baru akan hadir pada akhir tahun 2020.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES