in: News | June 3, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Google Luncurkan Fitur Augmented Reality untuk Aplikasi Search

Ada update menarik yang diberikan oleh Google pada aplikasi Search milik mereka. Jika pengguna melakukan pencarian hewan dengan aplikasi Search pada smartphone yang mendukung dan mengaktifkan fitur Augmented Reality, terdapat fitur baru yang akan menampilkan hewan tersebut di layar dengan teknologi AR. Beberapa jenis hewan yang modelnya telah ditambahkan ke dalam fitur ini adalah beruang, domba alpine, pinguin emperor, landak eropa, singa, harimau dan timberwolf. Model beberapa hewan peliharaan seperti kucing dan anjing juga sudah terdapat dalam fitur ini.

Google menjelaskan bahwa saat pengguna melakukan pencarian terhadap hewan tersebut, akan muncul menu bertuliskan “Meet a life-sized up close”. Jika pengguna menekan menu ini, hewan yang sedang ditelusuri akan muncul di layar smartphone secara Augmented Reality. Pengguna memiliki opsi untuk memindahkan letak, mengubah ukuran hingga “membawa” hewan yang sedang ditelusuri ke lingkungan mereka melalui teknologi AR. Selain visual dari hewan yang muncul di layar, terdapat efek suara yang mendukung gerakan hewan tersebut. Hewan yang ditampilkan juga akan bergerak secara natural, sesuai dengan kebiasaan mereka di habitatnya.

Google menambahkan bahwa untuk menggunakan fitur ini, aplikasi Search harus diberikan izin akses ke storage dan kamera. Perizinan storage dibutuhkan oleh Google untuk menyimpan cache hewan yang ditelusuri saat pertama kali melakukan penelusuran. Saat data dari hewan tersebut telah terdapat di storage, pengguna dapat mengakses fitur ini dengan lebih cepat. Perizinan kamera sendiri dibutuhkan untuk menampilkan hewan secara AR di layar smartphone.

Dilansir dari engadget, fitur ini merupakan salah satu fitur dari Google yang diperkenalkan pada I/O developer conference awal bulan Mei 2019. Mereka juga telah mendemonstrasikan fitur ini di akun Twitter resmi mereka. Selain itu, Google juga menyatakan bahwa untuk pengembangan fitur AR ini, mereka telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan lainnya seperti NASA, Volvo dan Sammsung. Google ingin supaya fitur AR ini dapat mendukung berbagai objek di masa depan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES