in: Highlights - Power Supply | June 10, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On PSU ASUS ROG Thor 850P

Tahun lalu, di Computex 2018, ASUS memperkenalkan beberapa periferal PC baru mereka, di antaranya adalah PSU dan watercooling AIO, untuk sub-brand gaming mereka, Republic of Gamers. Salah satu produk yang diperkenalkan adalah PSU yang disebut sebagai ROG Thor 850P. Kali ini, kami mendapatkan kesempatan dari ASUS untuk mencoba PSU tersebut. Hal apa saja yang ditawarkan ASUS di PSU tersebut? Kami akan membahasnya dalam artikel ini!

Paket Penjualan

ROG Thor 850P ini hadir dalam sebuah kemasan dengan desain yang serupa dengan produk-produk ROG keluaran beberapa tahun belakangan ini. Sisi depan kemasan paket penjualan itu memiliki warna dasar hitam, dengan gambar dari PSU terebut beserta namanya. Nuansa warna merah khas ROG juga hadir di kemasan itu, di beberapa sisi samping kemasan.

Sambutan “Welcome to the Republic” juga ada di kemasan ROG Thor 850P

Ketika kemasan dibuka, kami mendapati ASUS membagi isi paket penjualan PSU ini ke dalam dua boks terpisah. Boks pertama berisi unit PSU, sementara boks kedua berisi berbagai perlengkapan yang disiapkan untuk mendukung penggunaan PSU. Perlengkapan yang disertakan adalah:

  • 1 Set Kabel Modular
  • 2 Kabel Power
  • 4 Baut PSU ke Casing
  • 10 Cable Tie
  • 4 ROG Cable Velcro Strap
  • 1 Set Cable Comb
  • 1 User Manual
  • 1 ROG Sticker

Untuk kabel modular, ASUS menempatkannya di sebuah kemasan khusus. Mereka membagi kabel-kabel itu ke dalam dua kelompok, yaitu kabel-kabel utama dan kabel untuk periferal. Berikut ini adalah daftar kabel yang disertakan untuk PSU ini:

  • 1 Main Power Cable (ATX 24-pin), dengan panjang kabel sekitar 60 nm
  • 2 CPU Power Cable (4+4-pin), dengan panjang kabel sekitar 65 cm
  • 2 PCIe Power Cable (1x 6+2-pin), dengan panjang kabel sekitar 68 cm
  • 1 PCIe Power Cable (2x 6+2-pin), dengan jarak konektor PSU ke konektor pertama sekitar 68 cm, dan jarak antar konektor 7.5 cm
  • 1 Addressable RGB (3-pin), dengan panjang hampir 1 m
  • 1 Addressable RGB (4-pin), dengan panjang hampir 1 m

Kabel-kabel di atas dikelompokkan ASUS sebagai kabel-kabel utama. Sementara untuk kabel periferal, terdapat:

  • 2 SATA Power Cable (4x SATA Power Connector), dengan jarak konektor PSU ke konektor pertama sekitar 40 cm, dan jarak antar konektor 12 cm
  • 1 SATA Power Cable (2x SATA Power Connector), dengan jarak konektor PSU ke konektor pertama sekitar 45 cm, dan jarak antar konektor 12 cm
  • 2 Peripheral Power Cable/Molex (3x Molex Connector), dengan jarak konektor PSU ke konektor pertama sekitar 45 cm, dan jarak antar konektor 12 cm
  • 1 Molex to Floppy, dengan panjang sekitar 10 cm

Semua kabel tersebut diikat dengan rapi dan ditempatkan ke dalam kemasan plastik sesuai dengan kelompoknya. Dua plastik berisi kelompok kabel itu ditempatkan ASUS dalam kemasan khusus. Hal ini dimaksudkan agar pengguna memiliki wadah untuk menyimpan kabel-kabel yang tidak digunakan, sehingga tidak mudah hilang. Kabel-kabel tersebut juga dibungkus oleh sleeve khusus, di mana sebagian kabel hadir dengan desain individually sleeved. Kami merasa kabel yang diberikan cukup tebal, tapi tidak terlalu kaku.

Secara umum, kami melihat kemasan paket penjualan dari PSU ROG Thor 850P ini tidak seperti kemasan PSU pada umumnya. ASUS terlihat memperlakukan PSU ini seperti komponen ROG lain. Sehingga, wajar bila mereka pun mengemas PSU ini dengan baik, dengan kualitas kemasan penjualan setara dengan produk komponen ROG lain, termasuk motherboard.

PSU ASUS ROG Thor 850P

Kini, mari beralih ke unit PSU ROG Thor 850P. PSU ini memiliki bodi dengan warna dasar hitam, dengan corak dan logo khas ROG di sisi sampingnya. Dimensi dari PSU ini adalah 16 x 15 x 8.6 cm, ukuran yang cukup wajar untuk sebuah PSU di kelasnya. Salah satu sudut dari PSU ini sengaja dibentuk menjadi bidang rata oleh ASUS, di mana mereka menempatkan tulisan “THOR” di bidang tersebut.

Satu hal yang menarik dari PSU ini, di salah satu sisi samping, terdapat panel OLED. Panel ini disebut ASUS bisa menampilkan konsumsi daya PC, sesuai dengan pengukuran di dalam PSU. Hal ini tentu saja menarik, karena pengguna bisa mengetahui berapa konsumsi daya PC mereka tanpa perlu menggunakan alat tambahan lagi.

Masih di sisi yang sama, terdapat logo ROG dan sebuah garis melintang. ASUS tampaknya menempatkan RGB LED di balik logo dan garis tersebut, sehingga ketika sistem dihidupkan, logo dan garis tersebut akan menampilkan tata cahaya yang diharapkan bisa mempercantik tampilan PC. Tentu saja, seperti kebanyakan perangkat ASUS ROG lain, RGB LED di PSU ini juga bisa diatur dengan aplikasi Aura RGB.

Berpindah ke sisi depan dari PSU, di sisi ini terdapat satu konektor AC In, switch power, serta satu tombol untuk pengaturan kipas. Fungsi dari tombol tersebut adalah untuk menonaktifkan fitur “0 db”, di mana kipas tidak akan berputar ketika suhu operasi atau beban kerja masih di bawah titik tertentu. Bila tombol ditekan, fitur tersebut akan dinonaktifkan, sehingga kipas di PSU akan selalu berputar.

Kipas di PSU ini ditempatkan di sisi atas, ditutup dengan grill dengan pola diagonal. ASUS menyebutkan bahwa kipas tersebut berukuran 135 mm. Desain “Wing-Blade” digunakan ASUS untuk kipas tersebut, dengan rating ketahanan IP5X, yang menunjukkan bahwa kipas tersebut tahan debu.

ASUS menyebutkan bahwa mereka menggunakan heatsink khusus, yang disebut sebagai “ROG Heatsink” untuk membantu melepas panas dari komponen-komponen di dalam PSU. Heatsink ini diklaim memiliki volume 2x lipat heatsink di PSU di kelasnya pada umumnya, sehingga disebut bisa membantu mengurangi suhu operasi hingga 20 °C. Penggunaan heatsink ini juga disebut memungkinkan ASUS menghadirkan operasi 0 db di PSU ini.

Di sisi belakang PSU terdapat jajaran konektor untuk kabel modular. Konektor modular yang ada di PSU ini adalah:

  • 1x 10-pin dan 1x 8-pin untuk Main Power Cable
  • 8x 8-pin untuk CPU Power Cable dan PCIe Power Cable
  • 6x 6-pin untuk SATA Power Cable dan Peripheral Power Cable

Selain itu, ada juga konektor 2-pin untuk menghubungkan PSU ke sistem kontrol RGB LED. Terdapat dua jenis kabel yang disertakan ASUS. Satu menggunakan kabel 3-pin yang biasa dihubungkan ke control box untuk RGB LED, sementara satu lagi menggunakan kabel 4-pin yang dihubungkan ke konektor addressable RGB di motherboard.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES