in: Highlights - Networking | June 27, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review D-Link DWR-921

D-Link, salah satu perusahaan ternama di bidang jaringan, kembali mengirimkan satu produk mereka untuk kami coba. Produk yang mereka kirimkan adalah sebuah wireless router dengan kapabilitas 3G/4G. Router tersebut diberi nama DWR-921.

Paket Penjualan

Router DWR-921 ini hadir dengan paket penjualan lengkapnya ke lab. tim Jagat Review. Desain kemasan paket penjualan tersebut masih menggunakan gaya minimalis yang memang umum digunakan D-Link untuk produk jaringan mereka. Beberapa perlengkapan tetap disertakan D-Link untuk mendukung penggunaan router ini, yaitu:

  • Adapter Daya
  • Kabel Ethernet
  • 2x Antena

Hanya itu saja perlengkapan yang disertakan D-Link untuk DWR-921 ini. Terkesan sangat sederhana sekali, tetapi memang secara umum hanya itu saja perlengkapan yang dibutuhkan untuk penggunaann dasar sebuah router. Hal ini cukup umum dijumpai, tidak hanya di produk D-Link, tetapi juga produk dari merek-merek lain.

D-Link DWR-921

Sama seperti paket penjualannya, router DWR-921 juga hadir sebagai sebuah produk yang terlihat sangat sederhana. Desain dari perangkat ini bisa dikatakan agak “klasik”, dengan bodi kombinasi warna hitam dan putih. Warna hitam digunakan untuk sisi atas dan bawah, sementara warna putih mengitari sisi samping dari router ini.

Di sisi atas, hanya terdapat logo D-Link saja. Untuk sisi depan, terdapat deretan lampu indikator dan dua buah tombol. Dua tombol yang ada tersebut merupakan tombol Reset dan WPS. Sementara untuk deretan lampu indikator, D-Link menyusunnya ke dalam dua baris, masing-masing berisi tiga indikator.

Untuk baris atas, terdapat indikator untuk SMS, LAN, dan Power, sedangkan untuk baris bawah terdapat indikator untuk 2G/3G, 4G, dan WLAN. Terdapat juga satu lampu indikator di sisi kiri tombol reset, dengan fungsi untuk menunjukkan kekuatan sinyal seluler yang didapatkan router. Terlihat, dari lampu indikator yang tersedia, D-Link benar-benar mengedepankan fitur Internet berbasis seluler dari DWR-921 ini.

Beralih ke sisi samping, tidak ada apapun di sisi kiri dan kanan dari router ini. Sementara untuk sisi belakang, terdapat konektor, slot, dan tombol yang mendukung fungsi utama dari router ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang ada di sisi belakang dari DWR-921 ini:

  • 2x konektor antena
  • 4x Fast Ethernet untuk LAN
  • 1x Fast Ethernet untuk WAN
  • 1x slot SIM Card
  • 1x tombol power
  • 1x DC-In

Mari kita sedikit membahas slot SIM Card yang ada di router ini. Slot tersebut tentu saja digunakan untuk menampung SIM Card yang digunakan untuk kunci router ini terhubung ke jaringan seluler. Ukuran SIM Card yang bisa ditampung oleh router ini adalah SIM ukuran “normal”, bukan Micro atau Nano. Hal ini seharusnya tidak jadi masalah bila kita membeli SIM Card baru khusus untuk digunakan di router ini, karena umumnya SIM ukuran “normal” pun masih disertakan.

Sesuai dengan informasi dari D-Link, berikut ini adalah daftar band seluler yang didukung oleh DWR-921:

  • GSM/GPRS/EDGE: 850/900/1800/1900
  • 3G (UMTS/HSPA/HSPA+/DC-HSPA+): 1 (850)/2 (900)/3 (1800)/5 (1900)/8 (2100)
  • 4G (TDD LTE): 38 (2600)/40 (2300)
  • 4G (FDD LTE): 1 (2100)/2 (1900)/3 (1800)/5 (850)/7 (2600)/8 (900)/20 (800)

Band yang didukung router ini bisa dikatakan sesuai dengan yang digunakan oleh operator-operator seluler di Indonesia. D-Link menyebutkan bahwa router mereka ini mendukung LTE Cat. 4. Ini berarti data rate maksimal yang didukungnya adalah 150 Mbps untuk downlink dan 50 Mbps untuk uplink.

Dua antena yang bisa dipasang ke bagian belakang dari router ini disebut D-Link merupakan antena untuk fungsi seluler. Kedua antena tersebut memiliki mekanisme yang memungkinkan pengguna mengatur arah kemiringan antena. Untuk WiFi, D-Link tampaknya menggunakan antena internal yang ada di dalam bodi dari router ini.

Router DWR-921 ini hanya menawarkan port Fast Ethernet saja, baik untuk LAN maupun WAN. Hal ini mungkin akan dirasa kurang mumpuni untuk saat ini, mengingat sebagian besar perangkat yang ada saat ini telah menawarkan port Gigabit Ethernet. Bila pengguna ingin menghubungkan PC desktop, laptop, NAS, atau perangkat lain dengan menggunakan kabel Ethernet ke router ini, performa jaringan yang didapatkan tentu saja akan terasa kurang mumpuni.

Tidak ada port USB di router ini. Hal ini berarti router ini tidak menawarkan fungsi ekstra, seperti file server atau print server. Fitur seperti itu belakangan ini mulai banyak dicari dari sebuah router, dan sayang sekali router DWR-921 ini masih belum menawarkannya.

DWR-921 ini hanya didesain untuk penggunaan di atas permukaan datar saja, karena tidak ada lubang mounting di sisi dasar router untuk pemasangan ke dinding. Terdapat empat bantalan karet yang berfungsi sebagai kaki-kaki router ini, serta beberapa lubang ventilasi, di sisi dasar router. Dimensi router ini adalah 190 mm x 111.5 mm x 23.5 mm, dengan berat sekitar 500 gram.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES