in: Storage Devices | June 16, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Storage: HyperX Fury RGB 480 GB

Apakah Anda pecinta dari fitur LED RGB? Bila iya, perangkat hardware apa yang sudah Anda miliki, namun belum dibekali dengan fitur RGB? Bila jawabannya adalah SSD SATA, maka SSD terbaru dari brand HyperX ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk menambah serta melengkapi hiasan pada PC Desktop Anda. Seperti kita ketahui, HyperX merupakan divisi khusus dari Kingston untuk berbagai produk PC gaming, mulai dari memory, SSD, headset, mouse, keyboard dan mouse pad. Untuk SSD HyperX Fury RGB ini boleh dikatakan menjadi SSD pertama dari HyperX yang dibekali dengan RGB. Mau tahu seperti fitur dan performa yang ditawarkan SSD ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

Box tampak depan

 

Box tampak belakang

 

Kelengkapan paket penjualan SSD HyperX Fury RGB

Kemasan yang tersaji dari SSD HyperX Fury RGB ini hadir dengan ukuran kemasan yang cukup besar. Pada paket penjualan yang tersaji, sang produsen menyertakan sebuah buku informasi mengenai garansi yang dimiliki SSD HyperX Fury RGB ini. Selain itu, tersedia juga software Acronis True Image Kingston Edition yang dapat diunduh secara gratis melalui situs resmi Kingston untuk SSD ini. Software Acronis True Image sendiri bisa Anda manfaatkan untuk melakukan cloning, backup dan juga pengaturan data-data pada drive Anda.

HyperX Fury RGB SSD 480GB

Sejak tren RGB makin ramai dan meningkat, hampir tiap hardware atau komponen komputer tidak luput dengan fitur yang satu ini. HyperX Fury SSD merupakan produk yang sudah dihadirkan sejak 2014 silam yang ditujukan untuk kelas menengah ke bawah. Pada 2018 lalu, HyperX yang merupakan sub-brand ternyata mencoba meramaikan tren RGB dengan meluncurkan SSD HyperX Fury RGB.

Fitur RGB yang terpasang di dalam casing SSD ini memiliki pencahayaan yang terbilang cukup memukau. Untuk mengaktifkan fitur LED RGB pada SSD HyperX Fury RGB ini tergolong sangat mudah. Anda hanya tinggal menghubungkan SSD tersebut melalui kabel khusus yang sudah tersedia dalam paket penjualannya. Setelah itu, SSD HyperX Fury RGB ini akan langsung melakukan sinkronisasi secara otomatis pada fitur RGB yang dimiliki motherboard. Beberapa motherboard dari produsen lain yang dapat didukung oleh SSD ini antara lain Mystic Light RGB MSI, ASUS Aura RGB, Gigabyte RGB Fusion dan motherboard ASRock. Oleh karena SSD dari HyperX ini dilengkapi dengan LED RGB di dalamnya, SSD ini memang memiliki form factor 2.5”. Akan tetapi ketebalannya lebih tebal dibanding SSD 2.5” kebanyakan di pasaran, yaitu 9.5mm.

SSD ini dibekali dengan chip 3D NAND 64-layer TLC Toshiba/SanDisk BiCS3 dan kontroler Marvell 88SS1074. Dengan memanfaatkan interface SATA 3, perpaduan antara chip NAND dan kontroler pada SSD HyperX Fury RGB ini diklaim mampu memberikan kecepatan Read mencapai 550 MB/s dan 480 MB/s untuk performa Write. HyperX menyediakan tiga pilihan kapasitas untuk SSD barunya ini, mulai dari 240 GB, 480 GB dan 960 GB. Untuk yang mampir di pengujian kami ini berkapasitas 480 GB dengan memiliki ketahanan hingga 240 TBW.

Dengan penggunaan kontoroler Marvell 88SS1074, SSD HyperX Fury RGB ini tentunya didukung oleh beberapa fitur esensial seperti SSD lainnya, seperti salah satunya adalah LDPC ECC yang dapat meminimalisir data error. HyperX juga memberikan sebuah software cloning dari Acronis True Image Kingston Edition yang dapat dimanfaatkan untuk SSD ini. Mulai penasaran dengan performa yang ditawarkan oleh SSD HyperX Fury RGB ini? Berikut hasil pengujiannya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This: