in: News | June 19, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Intel Jalin Kerjasama dengan Samsung untuk Produksi Prosesor 14nm Rocket Lake

Tersiar kabar menarik dari dua raksasa industri semikonduktor, Intel dan Samsung. Kedua perusahaan tersebut dikabarkan telah memasuki fase final dalam persetujuan kerjasama untuk memproduksi prosesor 14nm mereka, Rocket Lake. Kerjasama ini diharapkan dapat membantu Intel untuk memenuhi kebutuhan CPU 14nm mereka yang lain.

Dilansir dari laman berita SeDaily, Rocket Lake CPU yang akan diproduksi Samsung merupakan prosesor non-PC. Masih dari sumber yang sama, prosesor ini juga diprediksi baru akan diluncurkan pada tahun 2021. Menurut sumber internal yang diwawancarai oleh SeDaily, negosiasi kerjasama ini telah masuk ke tahap final.

Walaupun Intel belum memberikan pernyataan resmi terkait hal ini, terdapat beberapa alasan yang diprediksi menjadi latar pemilihan Samsung sebagai partner produksi prosesor mereka. TSMC merupakan salah satu perusahaan yang berkolaborasi erat dengan Huawei, yang saat ini sedang memiliki masalah dengan Amerika Serikat. Selain itu, TSMC juga merupakan partner kerja dari AMD, produsen prosesor yang merupakan rival dari Intel. Menurut SeDaily, Samsung juga memberikan harga yang lebih rendah jika dibandingkan dengan TSMC untuk beberapa kustomernya.

Kerjasama antara Intel dan Samsung ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan suplai Intel yang sejak paruh kedua tahun lalu mengalami kekurangan pasokan. Menurut riset yang dilakukan oleh IC Insight, Samsung berada di peringkat pertama dalam penjualan semikonduktor, dan disusul oleh Intel di peringkat kedua. Baik Intel ataupun Samsung belum memberikan pernyataan resmi terkait kerjasama ini, kita tunggu saja informasi lengkapnya!

Sumber: Hexus, SeDaily

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES