in: News | June 21, 2019 | by: Gatot Tri Yuwono

Mengenal Lini Laptop Lenovo ThinkPad Terbaru & Fitur Canggihnya

Lenovo siap memasukkan sejumlah Laptop ThinkPad tipe terbaru untuk pasar Indonesia. Lenovo Indonesia menyebutkan setidaknya ada empat tipe Laptop ThinkPad terbaru yang siap menyapa mereka yang mencari “Bussiness Class Laptop” ataupun kalangan penggemar ThinkPad Series. Tipe terbaru tersebut mencakup ThinkPad X390, T490, T490S, dan E490. Lenovo Indonesia pun memaparkan sejumlah teknologi canggih yang dibenamkan ke dalam empat Laptop ThinkPad tersebut.

Low Power FHD Display – Layar merupakan salah satu komponen Laptop yang banyak memakan daya listrik sehingga mempengaruhi durasi pemakaian saat menggunakan tenaga baterai. Untunglah saat ini telah tersedia panel layar hemat daya dengan konsumsi listrik sekitar 1-2 Watt yang dikembangkan Intel dengan sejumlah produsen panel layar. Menariknya, kualitas tampilan dan tingkat kecerahan yang dihasilkan akan sama baiknya dengan panel layar yang memakan daya listrik lebih boros. Penggunaan layar hemat daya seperti ini memungkinkan Laptop ThinkPad memiliki daya tahan baterai hingga lebih dari 20 jam. Saat ini baru ThinkPad T490 dan T490S yang menggunakannya.

ThinkPad Privacy Guard – Teknologi ini membuat tampilan layar sulit dilihat dari sisi samping. Membuat pengguna merasa aman mengerjakan dokumen rahasia sekalipun dilakukan di area ramai seperti kafe. Saat fitur ini diaktifkan dengan menekan sebuah tombol di Laptop, orang yang melihat dari sisi samping hanya akan melihat layar berwarna hitam. Fitur ini juga dapat diatur aktif secara otomatis saat pengguna melakukan Login Windows. Bahkan fitur ini dapat mendeteksi jika ada orang yang berusaha mengintip dari sisi bahu pengguna. Tersedia di ThinkPad T490, T490S, dan X390.

ThinkShutter Privacy Solution – Fitur keamanan yang satu ini dapat dikatakan tergolong sederhana dimana Lenovo menambahkan penutup yang dapat digeser untuk kamera Laptop. Mencegah pengintip yang menggunakan metode pengintaian dengan kamera Laptop. Pada generasi sebelumnya, fitur ini hanya dapat diimplementasikan pada kamera Laptop biasa. Di generasi terbarunya, fitur ini dapat diimplementasikan meskipun menggunakan kamera Infra Red. Membuat ThinkPad dapat menggunakan fitur pengenalan wajah untuk keamanan Laptop lebih ketat. Dari empat tipe di atas, hanya ThinkPad E490 yang tidak memilikinya.

ThinkPad USB-C Anti-Fry Protection – Saat ini Laptop ThinkPad menggunakan USB-C untuk melakukan pengisian daya. Hal ini membuka potensi dimana pengguna mungkin saja menggunakan Charger non-Lenovo yang bisa jadi kemampuannya tidak sebaik keluaran resmi Lenovo. Kini di setiap konektor USB-C, Lenovo menambahkan sirkuit yang melindungi Laptop dari Charger non-Lenovo yang berpotensi merusak karena suplai listrik tidak semestinya. Tersedia di semua tipe ThinkPad.

PLP For SSD – Teknologi ini mencegah pengguna kehilangan data pada SSD akibat Laptop dimatikan paksa dengan menekan tombol Power selama beberapa waktu. Saat dimatikan paksa, sistem menjaga SSD untuk tetap melakukan Shutdown dengan semestinya sehingga mencegah kehilangan data. Tersedia di seluruh ThinkPad T-Series dan X-Series.

The ThinkPad

Lenovo ThinkPad X390 – Ukuran bodi ThinkPad yang satu ini memang tampak seperti Laptop 12 inci. Bingkai layar ramping memang membuat Laptop 13,3 inci ini terasa memiliki Foot Print lebih kecil. Ketebalan bodinya pun tegolong tipis dengan 1,65 cm saja dengan bobot tergolong ringan sekitar 1,25 kg. Di konfigurasi tertinggi, ThinkPad X390 dilengkapi layar Full HD 400 Nits dengan fitur ThinkPad Privacy Guard serta ThinkShutter. Tentunya Laptop yang diklaim memiliki daya tahan baterai hingga 17,6 jam ini telah menggunakan prosesor Core i 8th Gen dengan Storage SSD NVMe PCIe.

ThinkPad T490
ThinkPad T490S

ThinkPad T490 & T490S – Kedua ThinkPad ini memang tampak mirip satu sama lain. Walaupun begitu, T490S memiliki ukuran bodi sedikit lebih kecil dan tipis. Jika T490 memiliki dimensi bodi 32,9 x 22,7 x 1,89 cm, maka ukuran T490S hanya sebesar 32,8 x 22,5 x 1,61 cm. Tentunyanya bodi lebih kecil membuat bobot T490S lebih ringan dibandingkan T490. Perbedaan juga dijumpai pada kartu grafis dimana T490 memiliki opsi untuk menggunakan GeForce MX250 sementara T490S hanya tersedia IGP Intel saja. Daya tahan baterai juga memiliki perbedaan dimana saat menggunakan Low Power FHD Display T490 dapat meraih 20 jam pemakaian sementara T490S hanya sanggup bertahan selama 16 jam akibat ukuran baterai lebih kecil.

ThinkPad T490 dan T490S memang memiliki keistimewaan dimana dua tipe inilah yang saat ini menyediakan panel Low Power FHD Display untuk layar 14 inci nya. Keduanya juga ditenagai prosesor Core i 8th Gen dengan Storage SSD NVMe PCIe. Fitur ThinkShutter serta Privacy Guard juga hadir disini yang tentunya menggunakan panel berbeda.

ThinkPad E490 – ThinkPad E-Series seperti E490 merupakan Laptop ThinkPad kelas Entry Level dengan harga paling ekonomis. Berbeda dengan tiga tipe sebelumnya, E490 menawarkan konfigurasi Dual Storage dengan M.2+SATA. Tersedia opsi SSD+HDD ataupun HDD+Intel Optane. Core i 8th Gen tetap menjadi pilihan prosesor untuk tipe ini dan dapat dipilih untuk menggunakan kartu grafis Radeon RX 550X. Laptop dengan layar 14 inci Full HD diklaim memiliki daya tahan selama 13,6 jam saat digunakan dengan tenaga baterai.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES