in: News | June 6, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Microsoft dan Oracle Kembangkan Layanan Cloud

Baru-baru ini terjadi kesepakatan kerjasama antara Microsoft Corp dan Oracle Corp. Kesepakatan ini menyangkut pengembangan dua layanan cloud computing agar dapat bekerja dengan jaringan berkecepatan tinggi antar data center. Pengembangan ini ditargetkan bagi berbagai perusahaan dan instansi pemerintahan yang membutuhkan layanan cloud computing dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Kerjasama ini juga dinilai dapat menjadi kompetitor bagi Amazon Web Services (AWS), salah satu penyedia layanan cloud computing terbesar saat ini.

Mereka menyatakan bahwa jaringan berkecepatan tinggi ini akan mulai dikembangkan di fasilitas yang terletak di Amerika Serikat bagian timur. Microsoft dan Oracle juga menambahkan bahwa layanan ini akan terus dikembangkan ke daerah lainnya. Layanan ini memungkinkan bagi penggunanya untuk melakukan login dengan satu user name milik perusahaan dengan dukungan teknis dari perusahaan tersebut.

Cloud Chief dari Microsoft, Guthrie mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan hal yang biasa dilakukan, untuk terus mendorong migrasi aplikasi dan database milik kustomer mereka dari data center ke layanan cloud. Don Johnson, Wakil Presiden Eksekutif dari unit infrastruktur cloud Oracle juga menambahkan bahwa kerjasama ini memungkinkan kustomer untuk memindahkan seluruh aplikasi yang telah ada, dari data center ke cloud, tanpa perlu menyusun ulang data dan aplikasi mereka di cloud tersebut.

Sebelumnya, Microsoft juga telah bekerjasama dengan SAP SE, pengembang software asal Jerman dan Adobe Inc untuk memastikan agar layanan mereka dapat bekerja lebih baik. Dilansir dari Reuters, Ed Anderson yang merupakan analis dari Gartner menyatakan bahwa kerjasama ini sangat menguntungkan bagi perusahaan tersebut. Anderson juga menambahkan bahwa kerjasama ini dapat meningkatkan kompetisi di bidang layanan cloud yang sebelumnya dikuasai oleh Amazon dengan AWS milik mereka.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES