in: News | June 21, 2019 | by: Rifqi Sulthan

PCIe 6.0: 64GT/s dengan Kecepatan Transfer hingga 256GB/s pada Konfigurasi x16

Setelah berbagai perangkat dengan dukungan PCIe 4.0 mulai ke konsumen dan spesifikasi resmi dari PCIe 5.0 diumumkan, kali ini ada kabar menarik dari PCI-SIG. PCI-SIG sendiri merupakan organisasi non-profit yang mengembangkan teknologi PCI pada komputer. Pada PCI-SIG Developer Conference 2019 yang terjadi pada minggu ini, mereka telah memberikan beberapa bocoran tentang spesifikasi dari PCI Express 6.0.

Dari grafik pengembangan interface PCI yang diberikan oleh PCI-SIG menunjukkan bahwa bandwith pada interface PCIe selalu meningkat sebanyak dua kali lipat di tiap generasinya. Begitu pula dengan PCIe 6.0 yang baru saja mereka umumkan. PCIe 6.0 mampu menghantarkan 64GT/s raw bit rate dan transfer data hingga 256GB/s pada konfigurasi x16 miliknya. PCIe 6.0 juga akan memanfaatkan PAM-4 (Pulse Amplitude Modulation dengan 4 level) encoding serta memperkenalkan Forward Error Correction (FEC) berlatensi rendah dengan mekanisme tambahan yang mampu meningkatkan efisiensi bandwith pada interface ini. PCIe 6.0 juga dinyatakan akan dapat digunakan pada perangkat dengan interface PCIe generasi sebelumnya.

Al Yanes, Presiden dan Pimpinan dari PCI-SIG menyatakan bahwa mereka akan terus melanjutkan komitmen untuk meningkatkan teknologi dari PCIe, dengan dua kali lipat bandwith di tiap generasi dalam waktu yang sudah terjadwal. Ia juga menambahkan bahwa PCIe akan terus dikembangkan hingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan industri dan konsumennya.

Dennis Martin, seorang analis dari Principled Technologies menambahkan bahwa pengembangan interface PCI 6.0 ini bertujuan untuk menjawab berbagai permintaan pasar atas pengembangan AI (Artificial Intelligence), Machine Learning, Komputasi performa tinggi, sistem komunikasi, storage dan teknologi lain. Kita tunggu saja informasi lengkapnya, mengingat spesifikasi akhir dari PCIe 6.0 baru akan dirilis pada tahun 2021.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES