in: News | June 14, 2019 | by: Rifqi Sulthan

TSMC Mulai Kembangkan Proses Node 2nm

Banyaknya perangkat elektronik dengan proses 7nm yang telah sampai ke konsumer mendorong TSMC dan Samsung untuk melanjutkan inovasi dalam teknologi ini. TSMC dan Samsung telah banyak berbicara tentang rencana mereka untuk mengembangkan proses nodes 5nm dan 3nm. Kali ini, TSMC memberikan berita menarik terkait perkembangan proses node milik mereka. TSMC mengklaim bahwa mereka telah memulai penelitian dan pengembangan proses node 2nm.

Zhuang Zishou, senior direktor dari TSMC mengumumkan ke media Tawian bahwa pusat produksi proses node 3nm milik TSMC akan dibuka pada 2021, dan masuk fase produksi massal pada tahun 2022. Zishou juga menyatakan bahwa TSMC telah memulai penelitian dan pengembangan 2nm proses node milik mereka. Hal ini dilakukan untuk terus menjaga kompetisi dengan Samsung, yang belum lama ini telah menekan kontrak dengan Qualcomm dan Nvidia untuk pengembangan Snapdragon 865 dan Ampere GPU. Hal ini menjadikan TSMC sebagai perusahaan pertama yang mengumumkan tentang pengembangan proses 2nm.

TSMC menambahkan bahwa proses 2nm akan diteliti dan dikembangkan di fasilitas TSMC yang terletak di Hsinchu, Taiwan. Hsinchu sendiri merupakan daerah yang menarik, mengingat banyaknya perusahaan teknologi yang memiliki fasilitas di Hsinchu Science Park. TSMC memprediksi bahwa penelitian dan pengembangan proses 2nm ini akan selesai di tahun 2024, bersamaan dengan pembukaan fasilitas baru untuk memproduksinya.

Dilansir dari Hexus, TSMC sendiri tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai teknologi tersebut. Material yang akan digunakan pada proses itu juga masih belum diketahui. Apakah akan ada material baru yang mampu mengganti silikon untuk perbaikan proses? Kita tunggu saja informasi lengkapnya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES