in: News | June 10, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Update Windows 10 1903 Hadir dengan Dukungan VRR

Beberapa minggu lalu, Microsoft melepaskan update Windows 10 versi 1903 ke publik. Menariknya, ada satu fitur baru yang tidak cukup terekspos oleh pengguna, yakni dukungan terhadap pengaplikasian Variable Refresh Rate (VRR) untuk berbagai program. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan VRR (seperti Active Sync, G-Sync ataupun FreeSync) untuk digunakan pada berbagai program yang tidak memiliki opsi untuk mengaktifkannya.

Pengguna Windows 10 versi 1903 yang ingin mengaktifkan fitur ini harus memiliki kartu grafis yang mendukung fitur VRR dan memiliki driver WDDM versi 2.6 atau diatasnya. Selain itu, game yang dijalankan juga harus menggunakan DirectX 11 dalam kondisi full-screen. Monitor yang mendukung fitur VRR, baik G-Sync ataupun Active Sync juga dibutuhkan untuk mengaktifkan fitur ini.

Daniel Schlegel, program manajer dari Microsoft menulis dalam blog resmi DirectX Developer bahwa fitur terbaru ini bertujuan untuk menambahkan dukungan terhadap VRR dan bukan menggantikan fitur yang telah ada. Artinya, jika game yang dijalankan telah mendukung Active Sync atau G-Sync, fitur ini tidak akan menggantikan opsi setelan dari game tersebut. Fitur ini juga tidak mengubah konfigurasi pada control panel dari Active Sync ataupun G-Sync yang telah digunakan.

Secara default, fitur VRR ini dimatikan oleh Windows. Bagi pengguna yang telah memenuhi persyaratan untuk menggunakan fitur ini dan ingin mengaktifkannya, mereka dapat mengubahnya melalui pengaturan grafis yang dapat diakses lewat Windows Settings. Pengguna cukup mengubah toggle VRR dari OFF ke ON.

Fitur ini diberikan oleh Microsoft untuk pengguna yang memainkan games dengan DirectX11 yang telah dibeli dari Windows Store. Sebelumnya, terdapat beberapa games yang dibeli melalui Windows Store memiliki masalah kompatibilitas dengan Adaptive-Sync. Dengan adanya fitur yang memperbaiki masalah kompatibilitas ini, Microsoft berharap agar hal ini dapat meningkatkan pengalaman bagi penggunanya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES