in: News | June 16, 2019 | by: Rifqi Sulthan

USB4 Mulai Dipasarkan Tahun 2020

USB Promoter Group, pengembang dari konektor USB terus bekerja untuk mengembangkan konektor tersebut. Setelah bulan Maret 2019 lalu mereka mengumumkan tentang USB4 dan berbagai fiturnya, kali ini mereka mengumumkan estimasi pelepasan produk retail dari USB4 ini. Dilansir dari AnandTech bahwa teknologi USB4 diprediksi akan hadir pada berbagai perangkat mulai akhir tahun 2020.

Sebelumnya, USB Promoter Group menyatakan bahwa USB4 akan dikembangkan berdasarkan teknologi Thunderbolt 3 milik Intel. USB4 diumumkan akan memiliki kecepatan transfer data hingga 40Gbps, dua kali lipat dari kecepatan USB generasi sebelumnya, yakni Superspeed USB 20Gbps atau biasa disebut USB 3.2 Gen 2×2 yang memiliki kecepatan hingga 20Gbps.

USB Promoter Group pada Computex lalu juga menambahkan bahwa saat ini, pengembangan USB4 telah mencapai versi 0.7. Pengembangan ini masih berjalan sesuai rencana, dan akan tersedia pada akhir tahun 2020. Mereka juga menambahkan bahwa USB4 akan memiliki kompatibilitas dengan USB versi sebelumnya, yakni USB 3.2, USB 2.0 dan Thunderbolt 3.

USB-IF merasa optimis dengan jadwal peluncuran USB4 ini. Mereka juga sangat optimis dengan spesifikasi dan kemampuan dari USB4 yang telah mereka kembangkan. USB-IF sendiri belum mengumumkan tentang penamaan resmi ataupun penamaan pasar dari USB4. Beberapa orang sempat dibuat bingung dengan penamaan USB versi 3.0, 3.1 dan 3.2 karena USB-IF mengubah standar penamaan konektor ini. Semoga saja penamaan yang diberikan tidak menimbulkan kebingungan di kalangan pengguna. Kita tunggu saja informasi lengkapnya.

Sumber: AnandTech

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES