Hands-On Motherboard ASUS Crosshair VIII Hero (Wi-Fi)

Reading time:
July 11, 2019

Tampilan Fisik Motherboard (Part 2)

Beralih ke slot ekspansi, motherboard ini hadir dengan tiga slot PCIe x16 dan satu slot PCIe x1. Dua slot PCIe x16 paling atas dilengkapi dengan Safeslot, dan terhubung ke prosesor. Keduanya akan beroperasi dalam mode PCIe 4.0 x16 bila hanya satu slot saja yang digunakan atau PCIe 4.0 x8/x8 ketika kedua slot digunakan, bila pengguna menggunakan Ryzen 3rd Gen. Untuk penggunaan prosesor generasi sebelum Ryzen 3rd Gen, seperti Ryzen 2nd Gen atau Ryzen APU 1st/snd Gen, kedua slot tersebut hanya beroperasi di mode PCIe 3.0 saja. Sementara untuk dua slot PCIe yang lain, keduanya terhubung ke chipset dan beroperasi dalam mode PCIe 4.0 x4 dan PCIe 4.0 x1.

ASUS ROG Crosshair VIII Hero WiFi 24E

Di area slot PCIe ke kanan, terdapat penutup modular dengan ukuran yang cukup besar. Sebagian penutup tersebut adalah heatsink untuk chipset AMD X570 di motherboard ini, yang dilengkapi dengan kipas untuk membantu menjaga suhu operasi chipset. Hal seperti ini memang umum di sebuah motherboard dengan chipset AMD X570, di mana hampir seluruh motherboard yang ada saat ini, untuk berbagai kelas, dilengkapi dengan kipas seperti itu. Selain heatsink dan sisten pendingin untuk chipset, terdapat juga dua buah heatspreader untuk modul SSD M.2, yang didesain sedemikian rupa sehingga terlihat “menyatu” sebagai suatu penutup besar di area tersebut. Sebagai informasi tambahan, kipas di ROG Crosshair VIII Hero (Wi-Fi) ini disebut merupakan produk dari Delta dengan L10 bearing yang bisa bertahan hingga 60 ribu jam.

ASUS ROG Crosshair VIII Hero WiFi 32
ASUS ROG Crosshair VIII Hero WiFi 34
Kipas dari Delta ini menjadi motor dari “active chipset heatsink”. Area “lubang” di heatsink adalah tempat untuk RGB LED yang akan membuat logo ROG di penutup heatsink menyala.

Terdapat dua buah slot M.2 di motherboard ini, yang masing-masing mendukung SSD NVMe PCIe dan SATA. Satu slot terletak di antara dua slot PCIe x16 paling atas, mendukung SSD M.2 dengan ukuran hingga form factor 2280. Slot tersebut mendukung interface PCIe 4.0 x4 bila pengguna menggunakan Ryzen 3rd Gen, atau PCIe 3.0 x4 untuk penggunaan prosesor dari generasi sebelumnya. Sementara slot M.2 kedua terletak di kanan slot PCIe 4.0 x1, mendukung SSD M.2 hingga form factor 22110, serta beroperasi di PCIe 4.0 x4.

ASUS ROG Crosshair VIII Hero WiFi 33 ASUS ROG Crosshair VIII Hero WiFi 27

Selain dua slot M.2 tersebut, motherboard ini juga mendukung storage SATA standar. Terdapat 8 port SATA 6 Gbps yang ditempatkan di area kanan bawah motherboard. ASUS menyebutkan bahwa motherboard ini mendukung RAID dengan mode 0, 1, dan 10 untuk storage yang terpasang.

ASUS ROG Crosshair VIII Hero WiFi 35

Audio di motherboard ini menggunakan SupremeFX S1220, dengan ESS ES9023P DAC. Seperti biasa, ASUS memisahkan jalur PCB untuk komponen-komponen audio dari motherboard ini, sehingga kualitas sinyal audio tidak terganggu. Sistem audio ini mendukung output hingga 8-channel serta dilengkapi dengan fitur Sonic Studio III.

Area I/O di motherboard ini sudah dilengkapi dengan I/O Shield terintegrasi. Terdapat dua buah tombol dan sejumlah konektor di area tersebut. Berikut ini adalah tombol dan konektor yang ditawarkan ASUS untuk ROG Crosshair VIII Hero (Wi-Fi):

ASUS ROG Crosshair VIII Hero WiFi 22
  • 1x tombol Clear CMOS
  • 1x tombol BIOS Flashback
  • 2x konektor antena WiFi
  • 4x USB 3.1 Gen. 1 (konektor biru)
  • 7x USB 3.1 Gen. 2 Type A (konektor merah)
  • 1x USB 3.1 Gen. 2 Type C
  • 1x Anti-Surge Gigabit Ethernet
  • 1x Anti-Surge 2.5G Ethernet
  • 5x Gold-Plated Audio Jack
  • 1x S/PDIF Out

Terlihat dari konektor yang ditawarkan oleh ASUS di atas, motherboard ROG Crosshair VIII Hero (Wi-Fi) ini dilengkapi dengan modul WiFi terintegrasi, sesuai dengan namanya. Modul yang digunakan adalah Intel WiFi AX200, yang tentu saja sudah mendukung standar 802.11ax/WiFi 6. Data rate maksimal yang didukung adalah hingga 2.4 Gbps, tentu saja dengan standar WiFi 6. Backward compatibility dengan standar sebelumnya tentu saja juga tersedia, dengan dukungan dual-band, yaitu 2.4 GHz dan 5 GHz. Dukungan untuk Bluetooth 5.0 juga dihadirkan oleh modul tersebut. Sementara untuk koneksi ke jaringan dengan kabel, motherboard ini dilengkapi 2.5G Ethernet dari Realtek RLT8125-CG dan Gigabit Ethernet dari chip Intel I1211-AT.

ASUS ROG Crosshair VIII Hero WiFi 10E
Q-Connector
ASUS ROG Crosshair VIII Hero WiFi 25
Kiri ke kanan: Front Panel Audio, CHA_FAN, LN2 Mode, Safe Boot, Retry, TPM, RGB Header, Add RGB Header, Node, 2x USB 2.0, Slow Mode, Front Panel Header, High Ampere Fan

Bila konektor USB yang ditawarkan ASUS di area I/O dirasa belum memadai, masih tersedia beberapa header internal untuk menambah jumlah port USB yang ditawarkan PC berbasis motherboard ini. Terdapat satu konektor front panel USB 3.1 Gen. 2, 1 konektor front panel USB 3.1 Gen. 1, serta 2 konektor front panel USB 2.0. Tersedia juga konektor front panel untuk Audio. Masih terkait dengan front panel, tersedia extender yang disebut sebagai Q-Connector, yang akan membantu pemasangan kabel-kabel untuk tombol dan lampu indikator di front panel casing.

Terdapat beberapa konektor lain yang ada di motherboard ini, termasuk di antaranya untuk sistem pendingin. ASUS menyediakan beberapa konektor 4-pin untuk kipas atau perangkat sistem pendingin lain, yaitu 1 CPU Fan, 1 CPU Opt, 1 AIO Pump, 3 CHA Fan, 1 W_Pump+ (3A), serta 1 High Amp Fan (3A). Kontrol untuk sistem pendingin disediakan melalui Fan XPert 4, dengan kontrol otomatis memanfaatkan beberapa sensor suhu di motherboard atau pengaturan manual sesuai kebutuhan pengguna. Konektor yang tersedia mendukung mode PWM maupun DC regulated. Untuk pengguna sistem custom watercooling, tersedia juga dua konektor suhu cairan pendingin di sistem, serta satu konektor water flow, untuk pemantauan kondisi sistem.

Ada juga konektor untuk TPM (Trusted Platform Module), Node, serta Thermal Sensor/Thermistor Cable. Jumper LN2 Mode juga tersedia, ditempatkan ASUS di dekat konektor front panel audio. Sementara untuk on-board button, selain tombol “Power” dan “Reset”, terdapat tombol untuk Safe Boot dan Retry Button, yang tampaknya akan banyak membantu di praktik overclocking, yang ditempatkan di area yang sama dengan jumper LN2 Mode. Tidak ketinggalan, switch Slow Mode juga disertakan untuk membantu menjaga kestabilan sistem saat overclocking, yang ditempatkan di dekat konektor front panel.

ASUS ROG Crosshair VIII Hero WiFi 37

Untuk nuansa kekinian, ASUS menyertakan RGB LED di motherboard ini. RGB LED itu ditempatkan di shroud area I/O serta di area heatsink untuk chipset. Tentu saja, RGB LED di motherboard ini juga dilengkapi dengan dukungan Aura Sync. Konektor untuk menambahkan LED Strip atau untuk kontrol RGB LED di perangkat lain, dengan Aura Sync, juga disediakan. Secara keseluruhan, terdapat dua konektor RGB 4-pin serta dua konektor Addressable RGB 3-pin di ROG Crosshair VIII Hero (Wi-Fi) ini.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…