in: News | July 11, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Konferensi Asia IoT Business Platform ke-32: Indonesia 4.0 dengan IoT

Jika berbicara mengenai teknologi yang diterapkan pada industri, pasti tidak akan lepas dari yang namanya Internet of Things (IoT). Pengaplikasian IoT pada berbagai industri ini selaras dengan program “Making Indonesia 4.0” yang diterapkan oleh pemerintah. Asia IoT Business Platform (AIBP) sebagai platform pendidikan teknologi bagi industri turut menyoroti akan hal ini dengan mengadakan konferensi AIBP ke-32 yang rencananya akan diadakan pada bulan Agustus mendatang.

Dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia telah bertindak sebagai pengatur kebijakan, pemberi regulasi, fasilitator dan akselarator untuk menerapkan IoT di lingkungan industri. Dengan adanya berbagai kebijakan tersebut, Kementrian Perindustrian Republik Indonesia berharap kepada seluruh pelaku industri lokal, baik itu makanan dan minuman, otomotif, elektronika, kimia, tekstil dan garmen untuk menerapkan dan mulai melakukan transformasi digital melalui IoT. Hal ini karena IoT dinilai mampu meningkatkan efisiensi perindustrian di berbagai sektor, dengan memberikan integrasi langsung antara manusia, mesin, bahan baku dan hasil produksi.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan teknologi yang tepat bagi industri tersebut. Pemilihan teknologi harus didasari dengan kebutuhan bisnis dari perusahaannya. Pelaku industri juga harus mencari implementor IoT yang tepat, dan nantinya akan bertindak sebagai partner saat mengimplementasikan teknologi digital ke industri mereka. Selain itu, pelaku industri juga harus memilih teknologi yang affordable, dengan mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan saat menerapkan teknologi tersebut serta return of investment-nya.

Maka dari itu, Asia IoT Business Platform sebagai platform pendidikan teknologi digital untuk industri mengajak pelaku industri dari berbagai kalangan untuk turut meramaikan event ke-32 mereka. Event tersebut akan diadakan pada tanggal 28-29 Agustus 2019 di Jakarta. Untuk Anda yang tertarik dengan event ini dapat langsung mengunjungi situs Asia IoT Business Platform.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES