in: News | July 12, 2019 | by: Friska Suryawinata

Microsoft akan Hadirkan Login Windows 10 Tanpa Password

Untuk alasan keamanan, menggunakan password atau PIN sebelum mengakses sesuatu merupakan salah satu cara untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Komputer yang telah menggunakan OS Windows 10 biasanya akan “memaksa” penggunanya untuk membuat password terhadap perangkat mereka untuk mengamankannya dari orang lain. Menariknya, pihak Microsoft nampaknya akan memperbolehkan pengguna untuk menghilangkan fitur password tersebut lewat versi update terbarunya.

Dari halaman resminya, Microsoft mengatakan bahwa Windows 10 versi Insider Preview Build 18936 (20H1) memungkinkan penggunanya untuk menghapus fitur password ketika hendak menggunakan perangkat dengan Windows 10. Opsi ini bisa dipilih oleh si pengguna lewat halaman Settings – Accounts – Sign-In Options. Dari sana, pengguna bisa mengaktifkan fitur “Make your device passwordless” untuk menghilangkan password dari halaman login Windows 10.

Tapi perlu diingat bahwa bukan berarti Windows 10 akan benar-benar bebas opsi login. Fitur ini hanya mengarahkan pengguna Windows 10 untuk tetap harus memilih opsi login lainnya untuk bisa mengakses perangkatnya melalui Windows Hello, di mana pengguna bisa memilih hendak menggunakan wajah, sidik jari, atau PIN untuk bisa login.

Microsoft berargumen bahwa menggunakan Windows Hello akan jauh lebih aman dibandingkan menggunakan password biasa. Hal ini dkarenakan bahwa kode yang tersimpan untuk membuka akses perangkat Windows 10 menggunakan Windows Hello, tidak akan tersimpan secara online. Windows 10 akan menyimpan kunci privat di sebuah perangkat dengan Trusted Platform Module (TPM), di mana chip ini akan menyimpan data penguncian akses secara lokal pada perangkat saja tanpa diunggah secara online yang malah akan lebih membahayakan data.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES