in: News | July 23, 2019 | by: Friska Suryawinata

Microsoft Investasi OpenAI Senilai USD 1 Milyar

Pihak Microsoft baru saja mengumumkan investasinya terhadap OpenAI, perusahaan asal San Fransisco dengan nilai investasi sebesar USD 1 milyar. Keduanya membentuk kerja sama jangka panjang untuk mengembangkan teknologi superkomputer kecerdasan buatan pada layanan komputasi awan Microsoft Azure.

Dilansir dari Reuters, awal terbentuknya OpenAI sejak 2015 lalu ini adalah riset kecerdasan buatan untuk membuatnya semakin canggih di lapangan, seperti misalnya mengajarkan tangan robotik untuk berlaku seperti layaknya tangan manusia, dengan semuanya diprogram lewat software sehingga akan memotong biaya dan waktu dalam mengajarkan si robot.

Dengan investasi Microsoft terhadap perusahaan ini, OpenAI akan terbantu dalam mengejar pengembangan artificial general intelligence, atau AGI. AGI ini sendiri merupakan hal yang tengah dicapai oleh OpenAI demi mendapatkan kemampuan sistem komputasi yang mampu mempelajari lebih baik dan bahkan terbaik dibandingkan manusia itu sendiri di dunia.

“Kami percaya bahwa mengembangkan AGI secara aman ini sangat penting dan manfaatnya secara ekonomi didistribusikan secara luas,” tutur Sam Altman selaku investor Silicon Valley yang mendanai OpenAI. “Kami sangat gembira akan bagaimana Microsoft juga memiliki visi yang sama.”

Microsoft juga mengatakan bahwa kedua perusahaan ini akan bergabung bersama untuk membangun teknologi AI baru untuk Microsoft Azure, terutama di bidang komputasi awan. Keduanya juga menyatakan bahwa OpenAI akan memindahkan hampir semua layanannya ke Azure dengan Microsoft akan jadi mitra yang lebih diutamakan ketika memperkenalkan layanan komersil yang baru.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES