in: News | July 1, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Microsoft Sedang Uji Surface Berbasis AMD

Microsoft saat ini dikabarkan tengah menguji perangkat 2-in-1 andalannya, Surface, yang ditenagai oleh chip berbasis AMD dan Snapdragon. Sebenarnya, kabar mengenai kehadiran Microsoft Surface berbasis AMD dan Snapdragon sempat muncul beberapa tahun lalu, tepatnya pada tahun 2013. Namun sampai sekarang, Microsoft justru sudah meluncurkan beberapa produk Surface mereka yang ditenagai oleh chip buatan Intel.

Menurut informasi yang kami sadur dari Ubergizmo, Microsoft dilaporkan tengah menguji Surface berbasis chip AMD Picasso. Perangkat yang diuji sendiri merupakan varian laptop Surface. Pengujian Surface ini sendiri dilakukan di kampus Microsoft di Redmond.

Selain laptop Surface yang ditenagai chip AMD Picasso, laporan lainnya menyebutkan ada perangkat Surface lainnya yang ditenagai chip lain berbasis arsitektur ARM. Microsoft sebenarnya tengah mengembangkan custom SoC berbasis ARM yang diberi kode nama Excalibur dan tengah diuji coba di Surface Pro.

Pengembangan SoC Excalibur sendiri dilakukan oleh Microsoft bersama Qualcomm agar SoC tersebut nantinya dapat optimal bekerja pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

Meski perangkat yang dikembangkan masih dalam bentuk prototipe, bukan berarti Microsoft tidak akan lagi menggunakan chip dari Intel. Seandainya pun di masa yang akan datang Microsoft menghadirkan Surface berbasis AMD dan ARM, sang produsen tetap akan menawarkan perangkat Surface berbasis Intel.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES