in: Highlights - Storage Devices | July 25, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Review MicroSD: Kingston Canvas Go & Canvas React

Mungkin di antara kita masih banyak yang belum menyadari bagaimana cara memilih kartu microSD yang tepat. Biasanya, selama kapasitas yang dipilih cukup besar sudah dianggap lebih dari cukup untuk memenuhi penggunanya. Anggapan tersebut tentunya tidak bisa disalahkan, namun seiring berkembangnya gadget yang memiliki teknologi terkini dan lebih canggih, peranan kartu microSD dengan performa yang mampu memenuhi kebutuhan penggunanya akan sangat jauh lebih berguna.

Kartu microSD sendiri juga bisa dikatakan sebagai perangkat penyimpanan yang tak bisa dipisahkan dari gadget seperti smartphone, tablet, kamera aksi dan kamera digital. Bahkan kalau kita cermati lagi, keberadaan game dan media sosial (berbagi foto dan video) pada smartphone atau tablet, dapat menguras kapasitas penyimpanannya. Makanya tidak heran beberapa smartphone dan tablet yang ada di pasaran saat ini masih ada menyediakan slot microSD sebagai solusi media penyimpanan tambahan.

Pilih MicroSD yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Produsen microSD kini sudah menawarkan beragam model kartu microSD yang disesuaikan dengan kebutuhan gadget. Selain itu, pilihan kapasitasnya juga semakin lapang. Kingston sebagai salah satu produsen memory dan storage ternama asal Taiwan memiliki beberapa pilihan microSD yang dapat menyesuaikan kebutuhan, seperti kedua microSD yang mampir di meja pengujian kami ini, Kingston Canvas Go dan Canvas React, yang masing-masing memiliki kapasitas 64GB. Selain itu, kedua kartu microSD ini sudah termasuk ke dalam kategori Class 10 UHS-I (U3). Akan tetapi, kedua kartu microSD ini ditujukan untuk penggunaan yang berbeda.

Kingston Canvas Go 64GB

Kartu microSD dari Kingston untuk varian ini dirancang tidak hanya untuk smartphone tetapi juga cocok untuk gadget lain seperti kamera aksi dan juga drone. Bagi Anda yang senang berpetualang di alam liar dan ingin mengabadikan momen tersebut dalam resolusi tinggi mulai dari 1080p hingga 4K melalui kamera aksi atau drone, Kingston Canvas Go bisa menjadi solusi sebagai perangkat penyimpanannya. Dengan rating Class 10 dan sertifikasi UHS-I U3, kartu memori ini menawarkan kecepatan Read 90 MB/s dan Write 45 MB/s

Sang produsen mengklaim bahwa varian Canvas Go sebagai kartu memori yang menawarkan performa memukau dengan harga terjangkau. Dalam paket penjualannya, Kingston pun memberikan sebuah SD Adapter. Hal ini tentunya untuk memudahkan pengguna saat ingin menggunakan kartu memori ini ke perangkat lain seperti kamera digital. MicroSD Kingston Canvas Go tersedia dalam tiga pilihan kapasitas mulai dari 32GB, 64GB dan 128GB.

Kingston Canvas React 64GB

Berbeda dengan varian Canvas Go, untuk Kingston Canvas React dirancang sebagai kartu memori yang diperuntukkan performa tinggi. Seperti menangkap video 4K atau foto dalam burst-mode. 

Pihak Kingston mengklaim bahwa salah satu varian kartu microSD-nya ini memiliki tingkat ketahanan yang tinggi, sehingga cocok untuk digunakan pada gadget seperti kamera DSLR atau mirrorless dan smartphone flagship premium yang memiliki beragam fitur canggih. Kingston Canvas React 64GB ini menawarkan performa Read mencapai 100 MB/s dan 80 MB/s. 

Kartu memori ini memiliki rating Class 10 dengan sertifikasi UHS-I U3 Video Speed Class (V30). Dengan performa tinggi yang ditawarkan, Kingston Canvas React sangat ideal bagi para profesional. Dalam paket penjualannya, Kingston memberikan SD Adapter untuk memudahkan pengguna saat menggunakan kartu memori ini ke kamera digital. MicroSD Kingston Canvas React tersedia dalam lima pilihan kapasitas, 32GB, 64GB, 128GB, 256GB dan 512GB.

Performa

Baik Kingston Canvas Go dan Canvas React, masing-masing memang dirancang untuk kebutuhan yang berbeda. Namun keduanya memiliki performa yang hampir bisa dikatakan cukup mirip. Lalu, seperti apakah performa yang ditawarkan kedua kartu memori dari Kingston ini saat kami mengujinya? Berikut adalah hasil pengujian dari kedua kartu memori terbaru milik Kingston ini.

CrystalDisk Mark

Pada hasil pengujian melalui CrystalDisk Mark yang kami lakukan, kedua kartu memori Kingston menunjukkan hasil performa yang sesuai dengan yang dijanjikan. Pada Kingston Canvas React terlihat lebih unggul sedikit karena varian kartu memori ini memang dirancang untuk pengguna profesional. 

Transfer File 3GB

Kingston Canvas Go dan Canvas React yang kami uji disini sama-sama memiliki kapasitas 64GB. Pada hasil pengujian real world dengan melakukan transfer file besar dan kecil berkapasitas 3GB, kedua kartu memori Kingston kembali menunjukkan performa yang menawan dalam melakukan proses transfer file. 

Garansi Seumur Hidup

Dari hasil uji performa di atas tentunya dapat disimpulkan kalau kedua kartu memori dari Kingston Canvas Series ini sangat layak untuk Anda pertimbangkan. Apalagi Kingston memberikan masa garansi untuk kedua kartu memori ini seumur hidup (Lifetime Warranty). Sebagai konsumen, Anda tentunya akan merasa aman dan nyaman saat menggunakan kedua produk dari Kingston ini.

Kingston Canvas Series Sudah Tersedia di Indonesia

Kartu memori dari semua lini Kingston Canvas Series kini sudah tersedia di Indonesia, termasuk Kingston Canvas Go dan Canvas React. Untuk Kingston Canvas Go berkapasitas 64GB dibanderol dengan harga cukup terjangkau yakni Rp165.000. Sedangkan untuk Kingston Canvas React 64GB dibanderol dengan harga Rp255.000. Kedua kartu memori Kingston ini bisa diperoleh melalui Kingston Official Store yang berada di Tokopedia. Untuk informasi lebih lanjut lagi mengenai kedua kartu memori Kingston, Anda bisa mengunjungi link di bawah ini.

Kingston Landing Page: https://kings.tn/2GdSNZ9

Tokopedia Store: https://kings.tn/2YYBEu0

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES