in: Highlights - Storage Devices | July 9, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: WD Blue SN500 500GB

Ranah persaingan SSD NVMe dalam beberapa bulan terakhir ini bisa dikatakan cukup menarik untuk disimak. Beberapa produsen ternama mulai bersaing menawarkan SSD NVMe dengan form factor M.2 2280 yang tentunya menawarkan performa lebih kencang dibanding SSD SATA, namun dibanderol dengan harga lebih bersaing. Melihat persaingan SSD NVMe yang semakin menarik, WD (Western Digital) sebagai salah satu produsen storage ternama dunia tampaknya tertarik untuk meramaikan persaingan pasar SSD NVMe.  WD pun akhirnya meluncurkan SSD NVMe terbaru yang masuk ke dalam lini WD Blue yang diberi nama WD Blue SN500. Penasaran seperti apa rupa dan performa yang dimiliki WD Blue SN500 ini? Berikut review lengkapnya kami hadirkan ke hadapan Anda.

Paket Penjualan

Box tampak depan

 

Box tampak belakang

 

Kelengkapan penjualan yang tersaji di WD Blue SN500 ini hanya tersedia satu buah unit SSD dan buku informasi garansi.

WD Blue SN500 500 GB

WD resmi meluncurkan koleksi SSD NVMe terbaru dengan nama WD Blue SN500 pada bulan Mei 2019 lalu. Untuk varian SSD WD Blue dengan form factor M.2 2280 sebenarnya sempat ditawarkan oleh WD namun memanfaatkan interface SATA. Sehingga untuk WD Blue SN500 ini bisa dikatakan sebagai SSD WD Blue pertama dari WD yang dilengkapi dengan teknologi NVMe (Non Volatile Memory Express). 

WD Blue SN500 ini diklaim ditujukan untuk pasar entry-level di kelas SSD NVMe. Secara desain, terlihat WD Blue SN500 berkapasitas 500 GB yang mampir di meja pengujian kami ini dilengkapi dengan masing-masing sebuah NAND dan kontroler di satu sisi saja. Spesifikasi dari SSD ini berbasiskan chip 3D NAND TLC SanDisk 64-layer yang dipadankan dengan kontroler Western Digital in-house. Dengan memanfaatkan interface PCIe Gen 3 x2, WD Blue SN500 ini diklaim mampu menawarkan performa sequential Read mencapai 1700 MBps dan 1450 MBps untuk sequential Write.

SSD WD Blue SN500 ini tersedia dalam dua pilihan kapasitas, mulai dari 250 GB dan 500 GB. Untuk SSD WD Black berkapasitas 500 GB diklaim memiliki daya tahan hingga 300 TBW. Mulai penasaran dengan hasil pengujian yang kami lakukan pada SSD WD Blue SN500 ini? Berikut hasil pengujian lengkapnya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES