in: News | July 11, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Schneider Electric Hadirkan Solusi Digital untuk Ketahanan Pangan

Populasi manusia yang terus bertambah, dan turunnya lahan produksi pangan dinilai menjadi salah satu masalah yang perlu ditangani dengan serius. Peningkatan efisiensi dan efektifitas produksi diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan ini. Penerapan teknologi digital dinilai dapat menjadi salah satu solusi bagi permasalahan ini. Schneider Electric hadir di Indonesia untuk memperkenalkan transformasi digital bagi industri makanan dan minuman.

Dalam event Innovation Days: SmartFood Indonesia 2019, Schneider Electric berusaha memperkenalkan berbagai teknologi digital yang dimiliki oleh mereka untuk diterapkan di industri makanan dan minuman di Indonesia. Schneider Electric ingin menciptakan lingkungan industri makanan dan minuman yang efektif dan efisien, dengan harga jual yang bersaing, dari rantai produksi hingga konsumen. Event yang diselenggarakan di Hotel Mulia ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementrian Perindustrian, yang turut mendorong pengaplikasian teknologi digital untuk menciptakan revolusi Indonesia 4.0.

Schneider Electric menjelaskan bahwa transformasi digital berfokus pada beberapa hal, seperti peningkatan efisiensi produksi dan fleksibilitas, pembuatan fasilitas produksi yang efisien dan ramah lingkungan, meminimalisir terjadinya kesalahan manusia serta peningkatan visibilitas rantai produk mulai dari ketersediaan bahan baku hingga distribusi ke tangan konsumen. Solusi yang ditawarkan oleh Schneider Electric bagi pelaku industri makanan dan minuman dinilai telah mencakup seluruh aspek tersebut.

 

Schneider Electric menempatkan diri mereka sebagai partner bagi pelaku industri, untuk mengembangkan industri makanan dan minuman. Mereka juga telah menampilkan beberapa solusi komprehensif ExoStructure, seperti ExoStructure Augmented Operation Advisor, ExoStructure Machine Advisor dan ExoStructure Asset Advisor. ExoStructure dianggap mampu meningkatkan efisiensi dengan melakukan analisa prediktif, mempercepat waktu maintenance, dan mengurangi adanya human error.

Hingga saat ini, ExoStructure telah digunakan di berbagai industri makanan dan minuman di Indonesia. Salah satunya adalah proyek milik Berto Coffee Roaster yang memanfaatkan solusi ExoStructure Augmented Advisor dan ExoStructure Machine Advisor. Kedua teknologi ini mampu melakukan diagnosa kerusakan mesin pemanggang kopi secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi augmented reality, sehingga pengguna hanya perlu melakukan pengecekan melalui perangkat iPad atau Android mereka, tanpa perlu membuka komponen mesin secara manual. Hal ini dinilai mampu mengurangi terjadinya kerugian akibat kerusakan tak terduga yang terjadi pada mesin tersebut. Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut terkait event ini, dapat langsung mengunjungi website Schneider Electric.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES