in: News | July 29, 2019 | by: Dian Syarifuddin

SK Hynix Mulai Produksi Masal 4D NAND 128-layer TLC

Pada Mei 2019 lalu, SK Hynix sebagai salah satu produsen chip NAND terkemuka mengumumkan pengiriman sampel chip 96-layer 4D NAND flash QLC ke para kustomer mereka. Kini, perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini kembali mengumumkan telah mulai produksi masal chip 128-layer 4D NAND flash TLC pertamanya.

4D NAND 128-layer ini mencakup memory die dengan 1 terabit (Tb) TLC (Triple Level Cell) yang dirancang dengan susunan vertikal paling tinggi saat ini dengan lebih dari 360 miliar sel NAND dan mampu menyimpan 3 bit tiap satu flash cell. Pada teknologi 4D NAND ini, SK Hynix menyatakan telah menerapkan teknologi inovatif mereka yang disebut “ultra-homogeneous vertical etching technology, high-reliability multi-layer thin-film cell formation technology”, sehingga teknologi ini memiliki desain sirkuit yang mampu menawarkan performa ultra-cepat dengan konsumsi daya rendah. NAND flash baru ini juga diklaim memiliki tingkat produktivitas bit per wafer hingga 40% dibandingkan dengan 4D NAND 96-layer.

Jong Hoon Oh, selaku Head of Global Sales & Marketing, SK Hynix mengatakan, “SK Hynix telah mendapatkan daya saing mendasar dari bisnis NAND-nya melalui 4D NAND 128-Layer ini. Dengan begitu, chip 128-layer 4D NAND yang memiliki rancangan kepadatan terbaik di industri SSD, kami akan menyediakan berbagai solusi bagi pelanggan pada waktu yang tepat.”

Chip baru berbasis TLC ini memiliki tingkat kepadatan tertinggi hingga 1 Tb untuk TLC NAND Flash. Meskipun sejumlah perusahaan termasuk SK Hynix memang telah mengembangkan 1 Tb QLC (Quad-Level Cell), SK Hynix tampaknya masih terus mengembangkan flash TLC. Perlu diingat, SK Hynix adalah yang pertama mengkomersialkan 1 Tb TLC NAND Flash. Menurut berita yang kami kutip dari Tech Power Up, TLC NAND flash hingga saat ini telah menyumbang lebih dari 85% dari pasar NAND Flash dengan kinerja dan keandalan yang baik.

SK Hynix dikabarkan akan mulai mengirimkan 4D NAND 128-Layer TLC mulai paruh kedua tahun ini, sambil terus meluncurkan berbagai solusi dan inovasi. Sebagai tanda untuk memperkuat daya saing bisnis NAND-nya, SK Hynix dikabarkan tengah mengembangkan generasi NAND flash selanjutnya dengan 4D NAND 176-layer.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES