Hands-On Review Headset: SoundMagic E11D

Reading time:
August 30, 2019
DSCF9728

Nama SoundMagic mungkin masih terdengar asing oleh sebagian para audiophile di Indonesia. Sekilas mengenai SoundMagic sendiri, brand yang bermarkas di Inggris ini didirikan oleh insinyur Acoustic, Tony Xu, pada tahun 2005 silam. Seiring berjalannya waktu, SoundMagic terus berkarya dengan menawarkan beragam produk headset, baik dalam bentuk headphone maupun earphone. Kini, salah satu produk SoundMagic mampir di meja pengujian kami dengan nama seri SoundMagic E11D. Melalui headset dengan model IEM ini, sang produsen mencoba menawarkan sebuah headset bagi pengguna gadget seperti smartphone yang beberapa di antaranya ada yang tidak disematkan lagi port audio jack 3.5mm. Mau tahu lebih lanjut seputar earphone SoundMagic E11D ini? Berikut adalah pembahasannya secara hands-on kami hadirkan untuk Anda.

Spesifikasi SoundMagic E11D

  • Driver: Dynamic 10mm Neodymium
  • Frequency range: 15Hz – 22kHz
  • Impedance: 42Ω
  • Sensitivity: 90dB at 1kHz/mW
  • Cable length: 1.2m
  • Connection: USB Type-C
  • Earphone body material: Aluminium
  • Micrphone
  • Integrated 3-button remote
  • Weight: 15g

Paket Penjualan

DSCF9735
Kemasan tampak depan
DSCF9730
Kemasan tampak belakang
DSCF9712
Paket penjualan SoundMagic E11D
DSCF9716
Tambahan dua eartip ukuran S dan L
DSCF9720
Hard Pouch untuk memudahkan penyimpanan IEM saat dibawa bepergian
DSCF9724

Bersama unit headsetnya, SoundMagic E11D ini dsertai oleh beberapa paket penjualan di antaranya hard case, buku panduan penggunaan, kartu garansi dan 2-set eartip yang berbeda ukuran. Dalam paket penjualannya, SoundMagic juga memberikan hard pouch untuk IEM versi ini, dimana hard pouch ini untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan IEM saat dibawa bepergian.

Desain

DSCF9706

SoundMagic E11D bisa dikatakan sebagai perangkat IEM (In-Ear Monitor) yang memiliki desain cukup umum seperti IEM kebanyakan di pasaran. Model in-ear saat ini mungkin lebih diminati dibanding model earbud, karena model ini mampu memberikan isolasi atau kedap terhadap suara dari luar. Konstruksi luar dari in-ear pasti memiliki bagian yang menonjol atau bore, bagian ini yang dipasang eartips. SoundMagic E11D merupakan IEM pertama dari SoundMagic yang menggunakan konektor USB-C. Pada konektor USB-C ini sudah terintegrasi DAC (Digital Analog Converter). Tentunya IEM ini dihadirkan sebagai alternatif untuk para audiophile yang memiliki gadget seperti smartphone yang sudah tidak dilengkapi dengan port audio jack 3.5mm. 

DSCF9691

Housing pada SoundMagic E11D ini dikelir dengan warna hitam secara keseluruhan ditambah list warna putih kecil. Finishing dari in-ear monitor ini boleh dikatakan cukup rapi dan terasa kokoh karena terbuat dari material aluminium. Di dalam housing ini terdapat driver dynamic 10mm Neodymium. Unit housing berbentuk bulat sehingga cukup nyaman saat terpasang di telinga. Kabel yang digunakan SoundMagic E11D berbentuk bulat berwarna hitam dengan panjang 1.2m. Menurut informasi yang kami peroleh dari situs resmi SoundMagic, IEM ini menggunakan kabel silver-plated chopper yang mampu menghantarkan suara resolusi tinggi.

DSCF9694Terdapat unit kontrol yang terdiri dari tiga tombol, tombol track dan volume (+/-). Tidak ketinggalan pada unit kontrol ini juga terdapat microphone yang dapat digunakan saat menerima panggilan telepon. Housing pada unit kontrol ini juga dikemas dengan apik menggunakan bahan aluminium.

Penggunaan

IMG 20190821 194505

Sesuai dengan konektor yang digunakan, SoundMagic E11D ini hadir sebagai alternatif bagi pengguna smartphone atau tablet yang tidak dilengkapi lagi port audiojack 3.5mm. Desain konektor USB-C pada IEM dirancang secara ergonomis untuk memberikan kenyamanan pengguna, baik saat digunakan untuk mendengarkan musik, menonton video dan juga bermain game saat digunakan pada smartphone. Desain konektornya pun dirasa tidak terlalu mengganggu saat digunakan. Selain kami coba pada smartphone, SoundMagic E11D juga kami coba pada laptop yang telah dilengkapi dengan port USB-C. IEM ini mampu bekerja dengan sangat baik. 

IMG 20190821 194409

Pengaturan microphone ini ada pada unit in-line control sekaligus memuat pengatur volume (+/-) dan tombol track yang berada di tengah. Tombol track dapat berfungsi untuk menerima panggilan telepon, play/pause dan next (dengan menekan 3x). 

DSCF9942

 

Pemakaian SoundMagic E11D terasa menyenangkan, karena model in-ear membuat isolasi suara luar secara pasif berkat adanya eartips silicon yang cukup nyaman. Anda akan memperoleh dua pasang tambahan berukuran S dan L. Jika kurang suka dengan eartips, Anda bisa melakukan penggantian dengan mudah karena bersifat universal.

Kualitas Suara

DSCF9936

Kini kita memasuki pembahasan kualitas suaranya. Kami menguji SoundMagic E11D ini pada smartphone Xiaomi Redmi Note 7 melalui aplikasi Spotify dengan kualitas Sound Very High. Untuk kualitas bass yang berada pada frekuensi rendah, bisa dikatakan sebagai nilai jual dari SoundMagic E11D ini. Bass pada IEM ini memiliki response cepat dan mampu menghasilkan suara yang penuh saat kami mendengarkan lagu Jennie – Solo dan Camila Cabello – Havana. SoundMagic E11D mampu memberikan suara bass yang baik, tidak berlebih dan memuaskan layaknya IEM premium. Bisa kami katakan, SoundMagic E11D sebagi IEM penghasil bass terbaik di kelasnya.

Beralih ke kualitas suara lainnya yaitu vokal yang mayoritas berada pada frekuensi tengah. Suada Mid yang dihasilkan IEM ini tergolong cukup bersih dan terasa lantang saat kami mencoba mendengarkan lagu dari Adelle dengan Someone Like You. Energi yang dipancarkan vokalis dalam lagunya dapat Anda rasakan, bahkan semua getaran suara penyanyi dan perubahan nada sekecil apapun terdengar dengan baik.

Pada frekuensi tinggi yang biasanya diwakili oleh alat musik gitar, kami mencoba mendengarkan beberapa lagu bergenre akustik yang banyak memberikan suara gitar, seperti Alabama Shakes dengan Hold On, dan Eagles, Hotel California. Suara akustik yang dihasilkan terasa lantang bahkan kami perlu mengurangi tingkat volume agar terasa tidak menusuk ke telinga saat ada perubahan nada. Suara high yang dihasilkan bisa dikatakan juga cukup seimbang meski terasa sedikit tertutup beberapa kali oleh suara bass.

Untuk isolasi dari earphone ini sendiri, bisa dikatakan cukup baik. Namun jika Anda menggunakan SoundMagic E11D ini di pusat keramaian, Anda akan masih bisa mendengar suara yang masuk dari luar. Solusi dari ini mungkin Anda bisa mencoba mengganti eartip yang lain seperti model foam.

Kesimpulan

DSCF9947

Saat pertama kali SoundMagic E11D datang ke lab. pengujian, kami sempat terkecoh dengan penampilannya yang terlihat biasa dan tidak ada yang begitu spesial dari desainnya. Apalagi harga yang ditawarkan IEM ini mencapai Rp755.000 yang sempat kami anggap harga yang ditawarkannya terlampau tinggi. Namun setelah kami menguji IEM ini dalam beberapa hari, ternyata IEM ini bisa menjadi salah satu koleksi IEM yang patut diperhitungkan untuk Anda sebagai audiophile.

Selain memiliki spesifikasi dan kualitas konstruksi yang baik dari SoundMagic E11D, kualitas suara yang dihasilkan IEM ini terasa begitu cemerlang dengan tingkat balance yang baik  Apalagi saat ini sudah tersedia beragam layanan musik streaming dan juga beberapa smartphone canggih belakangan ini sudah menyediakan dorongan kualitas suara yang dihasilkan, misalnya feature Dolby. 

SoundMagic E11D ini memang terasa lebih asyik saat kami mendengarkan lagu-lagu seperti HipHop, Electronic, Dance dan juga beberapa genre yang mengedepankan bass. Lalu, apakah IEM hanya cocok bagi mereka yang gemar mendengarkan musik bergenre Electronic and Dance? Tentu saja tidak! Bagi Anda yang ingin menikmati lagu berfrekuensi tinggi seperti lagu Rock dan Akustik, juga dapat menggunakan earphone ini, meskipun diluar sana masih ada IEM lainnya yang mampu mempresentasikan lagu dari genre tersebut dengan lebih baik. Terlebih lagi dalam paket penjualannya, SoundMagic E11D dilengkapi dengan hard pouch untuk memudahkan pengguna saat menyimpannya di tas untuk dibawa bepergian.

Kelebihan:

  • Bass apik
  • Balance
  • Material housing aluminium
  • Mudah disimpan saat bepergian
  • Paket penjualan lengkap
  • Terdapat mic dan tombol on/off

Kekurangan:

  • Bass terasa mengganggu di frekeunsi high

Distributor SoundMagic: PT Aces Digital Multitrada

 

 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…