in: News | August 9, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Huawei Developer Conference 2019: Ada Hal Baru Apa Saja?

Hari ini, 9 Agustus 2019, Huawei membuka acara akbar mereka, Huawei Developer Conference 2019. Acara yang digelar di area Songshan Lake, Dongguan, China ini merupakan wadah di mana Huawei mengajak kita semua, serta kalangan developer, untuk bersiap menghadapi dunia yang lebih “terhubung”. Dihadapkan, dari apa yang disampaikan, ditampilkan, dan diperkenalkan oleh Huawei di acara ini, akan lahir banyak inovasi baru, memanfaatkan peluang yang ada, untuk pengalaman digital yang lebih baik.

CEO Huawei Consumer Business, Richard Yu, membuka HDC 2019.

Bukan Cuma Lahirkan Smartphone Baru Saja

Bila ditanya terkait produk Huawei yang paling dikenal dalam beberapa tahun ini, kebanyakan dari kita mungkin akan menjawab dengan jajaran smartphone Huawei. Memang, perusahaan dari China ini belakangan menawarkan smartphone yang terbilang menarik. Namun, produk konsumen akhir Huawei ternyata jauh lebih banyak dari itu. Jadi, di HDC 2019 ini, mereka bukan cuma membahas smartphone saja, tetapi banyak hal baru lain, lebih dari sekadar smartphone saja. Apakah ada smartphone baru yang diumumkan? Mari kita tunggu saja, karena acara ini masih tersisa 2 hari lagi.

Sistem Operasi Baru: HarmonyOS Sudah Diumumkan

Di keynote pembuka HDC 2019, Richard Yu, CEO Huawei Consumer Business, sebelum mengumumkan HarmonyOS, OS baru dari Huawei dengan microkernel dan desain terdistribusi, terlebih dahulu mengajak kita semua untuk melihat kesempatan yang dihadirkan oleh perkembangan teknologi saat ini, mengarah ke 5G dan “all-scenario intelligence“. Dengan pandangan akan hal tersebut, Huawei memperkenalkan sistem operasi tersebut, yang disiapkan untuk berjalan di banyak jenis perangkat “pintar”, di luar smartphone. Sistem operasi open source ini diharapkan Huawei akan jadi pilihan menarik yang bisa mendorong perangkat “terhubung” dalam waktu dekat ini.

Lalu bagaimana dengan OS smartphone Huawei ke depan? Untuk saat ini, mereka tetap menggunakan basis Android, bahkan dalam HDC 2019 ini, Huawei akan membahas varian EMUI terbaru mereka, penerus EMUI 9.1, dengan Android lebih mutakhir, serta konsep desain terbaru mereka. Kami akan coba membahas lebih lanjut hal tersebut setelah sesi perkenalannya.

Siap Bawa Layanan Cloud Consumer ke Dunia Internasional

Hal baru lain yang disampaikan Huawei di sesi pembuka HDC 2019 adalah terkait layanan cloud mereka. Selama ini, cloud dari Huawei lebih difokuskan untuk penggunaan di negara asal mereka, China. Namun, melalui HDC 2019 ini, Huawei menunjukkan niat mereka mendorong lebih cloud mereka ke dunia internasional. Kalangan developer diberi kemudahan dalam mengkreasikan layanan digital baru berbasis platform cloud Huawei Mobile Service, dengan berbagai kemampuan yang ditawarkan platform itu.

IoT dan AI: Era Baru yang Lebih Mudah

Tidak ketinggalan, Huawei juga membahas terkait IoT dan AI. Huawei memang sudah mendorong perkembangan perangkat IoT yang lebih terhubung dengan paket HiLink mereka. Komunikasi antar perangkat yang lebih mudah, disebut Huawei sebagai 1+8, di mana bukan cuma komunikasi saja, smartphone dan berbagai perangkat IoT pendukung smart home pun bisa dioperasikan dengan interface yang serupa, menunjukkan apa yang bisa ditawarkan oleh HiLink ini. Huawei juga mejelaskan bagaimana LiteOS, sistem operasi microkernel yang mereka buat untuk perangkat IoT, serta beberapa chip besutan mereka, bisa mendorong pengembangan kreasi perangkat IoT baru, di tangan kalangan developer.

Terakhir, untuk AI, kapabilitas yang ditawarkan chip Huawei, termasuk lini Kirin untuk smartphone, sudah sangat matang dan memadai untuk berbagai kreasi baru pemanfaatan AI, dengan basis HiAI. Ada banyak sekali skenario pemanfaatan HiAI baru dengan basis perangkat ber-chip Kirin, seperti dari bidang multimedia. Di HDC 2019 ini, diharapkan lebih banyak pihak tahu dan mau untuk berkecimpung di pengembangan ranah AI tersebut.

HDC 2019: Waktunya Bersiap untuk Berbagai Hal Baru

Selama dua hari ke depan, Huawei masih akan mengumumkan beberapa hal baru lagi. Namun, hal yang tampaknya lebih ingin dicapai oleh Huawei adalah makin banyak pihak yang bisa menghasilkan kreasi-kreasi baru, berbasis teknologi Huawei. Untuk itu, mereka menyiapkan banyak sekali hal yang bisa dicoba oleh para peserta HDC 2019, tentu saja dengan tujuan menambah pengetahuan untuk berbagai hal baru ke depan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES