in: News | August 28, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Kaspersky: 32% Perusahaan di Indonesia Berencana Adopsi Layanan Cloud

Pada Rabu ini (28/8) Kaspersky memberikan hasil laporan terkait adopsi layanan cloud di Indonesia. Menurut hasil studi yang didapat, tingkat adopsi layanan cloud di Indonesia berada pada kondisi yang cukup baik. Hal ini disebabkan karena menjamurnya UKM (Usaha Kecil Menengah) dan perusahaan yang mulai menyadari akan efektif dan kelebihan lain yang diberikan teknologi cloud.

Dari hasil laporan yang didapat, Kaspersky mencatat bahwa ada 19,4% perusahaan di Indonesia yang sudah menggunakan layanan cloud publik. Untuk perusahaan yang berencana akan mengadopsi layanan cloud tercatat sekitar 32,1%. Pengadopsian layanan cloud ini dibutuhkan untuk menyimpan informasi-informasi yang sensitif para pelanggan mereka.

Yeo Siang Tiong, General Manager for SEA, Kaspersky, yang turut hadir memaparkan bahwa beberapa UKM dan perusahaan di Indonesia kini sudah memiliki optimisme tinggi dalam merangkul efek positif dari era digitalisasi sekarang ini. “Keuntungan dari teknologi cloud yang ditawarkan memang beragam, namun cukup efektif manfaatnya di berbagai hal seperti penghematan biaya serta peningkatan layanan”, Ujar Yeo Siang Tiong.

Siang Tiong menambahkan bahwa dalam mengadopsi cloud, perusahaan juga harus memahami sisi pertahanan keamanan siber yang mereka perlukan untuk melindungi data-data pelanggan mereka. Kaspersky pun sempat mengungkapkan bahwa ada 9 dari 10 perusahaan di seluruh dunia yang mengalami pelanggaran data yang memengaruhi infrastruktur cloud publik.

Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky for Indonesia, mengatakan sangatlah wajar apabila adopsi cloud di Indonesia memang belum setinggi di negara-negara maju. Hal utama yang menjadi kekhawatiran adalah sistem keamanan dari layanan cloud publik yang akan mereka gunakan.

Kaspersky merekomendasikan bagi perusahaan di Indonesia yang ingin melindungi bisnis mereka saat menggunakan layanan cloud, di antaranya meningkatkan kesadaran para karyawan akan ancaman siber dimana mereka bisa menjadi target, jangan menunda implementasi perlindungan infrastruktur cloud dan gunakan solusi keamanan sebagai titik akhir untuk mencegah serangan siber.

Kaspersky pun kini memiliki produk sebagai solusi keamanan layanan cloud yaitu Kaspersky Hybrid Cloud Security. Produk baru ini menawarkan perlindungan bisnis berlapis untuk lingkungan multi-cloud, keamanan siber terpadu, dan orkestrasi tanpa batas. Solusi ini mampu mendeteksi ancaman umum dan kompleks serta melindungi seluruh infrastruktur cloud dari lingkungan tervirtualisasi di tempat hingga platform cloud publik, seperti AWS dan Microsoft Azure.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES