in: News | August 1, 2019 | by: Gatot Tri Yuwono

Prosesor Intel Core i 10th Gen “Ice Lake” U-Series & Y-Series Dirilis

Setelah berkutat dengan proses fabrikasi 14 nm selama bertahun-tahun mulai dari Broadwell hingga Coffee Lake, tiba juga saatnya Intel beralih ke proses fabrikasi 10 nm secara besar-besaran dengan diluncurkannya prosesor Core i 10th Gen dengan Codename Ice Lake. Memang bukan pertama kalinya Intel merilis prosesor 10 nm ke pasaran mengingat sebelumnya telah ada Core i3 8121U “Cannon Lake”. Akan tetapi cukup disayangkan, keberadaan prosesor itu sepertinya nyaris tidak diketahui banyak orang karena minimnya informasi/berita dan hanya segelintir produk yang menggunakannya.

PC Desktop Intel NUC NUC8i3CYSM pada video di atas merupakan salah satu produk yang menggunakan prosesor Core i3 8121U “Cannon Lake”.

Core i 10th Gen seperti menjadi babak baru produk prosesor dari Intel. Tidak hanya mengimplementasikan proses fabrikasi lebih kecil, Intel juga melakukan perombakan pada arsitektur CPU dan juga GPU (UHD/HD Graphics). Prosesor tersebut kini menggunakan arsitektur dengan sebutan Sunny Cove yang diklaim menawarkan tingkat IPC (Instruction Per Cycle) 18% lebih tinggi dibandingkan Skylake. Kemampuan kalkulasi A.I (Artificial Intelligence) juga ditingkatkan secara signifikan berkat implementasi teknologi Intel DL Boost. Performa grafis IGP pada Core i 10th Gen juga mengalami penigkatan berkat penggunaan arsitektur GPU Gen11. IGP Core i 10th Gen diklaim mampu menawarkan Frame Rate 2X lebih tinggi dibandingkan pendahulunya di resolusi Full HD. Kemampuan IGP juga meningkat dua kali lipat saat menangani proses Video Encoding dengan menggunakan Codec HEVC yang selama ini memang terkenal sangat membebani sistem. IGP Core i 10th Gen kini juga mampu menangani Video Decoding/Video Playback untuk konten 4K 60 FPS dengan HDR. Pada konfigurasi tertinggi, IGP Core i 10th Gen akan dilengkapi 64 EU (Execution Units).

Konektivitas nirkabel Wi-Fi 6 GIG+ akan menjadi standar sistem yang akan menggunakan Core i 10th Gen. Wi-Fi 6 GIG+ menawarkan Wi-Fi ax yang menawarkan kecepatan transfer data tiga kali lipat dibandingkan Wi-Fi ac 80 MHz. Tingkat Latency lebih rendah, keamanan lebih baik, dan kemampuan menangani pengguna lebih banyak menjadi kelebihan lain dari Wi-Fi 6 GIG+. Sistem dengan Core i 10th Gen kini dapat dilengkapi hingga empat buah konektor Thunderbolt 3.0 setelah sebelumnya maksimal hanya dua buah. Tampaknya Intel menambahkan jalur PCI Express sehingga memungkinkan adanya empat buah konektor Thunderbolt 3.0.

Untuk gelombang pertama peluncuran prosesor Core i 10th Gen “Ice Lake”, Intel menghadirkan enam varian prosesor U-Series dan lima varian Y-Series. Jika diperhatikan baik-baik, terdapat sejumlah perbedaan dibandingkan prosesor generasi sebelumnya seperti Core i 8th Gen “Whiskey Lake. Untuk varian U-Series dengan TDP 15 Watt dan Y-Series, nilai Base Clock dan Turbo Boost Clock ternyata tidak setinggi sebelumnya. Tampaknya arsitektur CPU baru mampu setidaknya mengimbangi generasi sebelumnya dengan Clock Speed lebih rendah. Menariknya, pada Core i 10th Gen nilai Turbo Boost Clock untuk semua Core kini dicantumkan dengan jelas, tidak lagi hanya saat satu Core bekerja. Terlihat satu varian U-Series memiliki Clock Speed jauh lebih tinggi berkat penggunaan TDP 28 Watt. Sementara untuk varian Y-Series, Rating TDP kini naik dari 5 Watt ke 9 Watt yang tampaknya diakibatkan penambahan komponen lebih banyak di dalam Die Core i 10th Gen. Konfigurasi Core tampak tidak banyak berubah dengan 4-Core/8Thread atau 2-Core/4-Thread.

Untuk tipe IGP, empat varian tertinggi U-Series dan Y-Series akan menggunakan Intel Iris Plus Graphics dengan 64 EU dan 48 EU. Menariknya, Iris Plus Graphics yang biasanya digunakan pada prosesor kelas High End ternyata digunakan pada satu varian Core i3 Y-Series. Perubahan menarik lainnya terlihat pada dukungan RAM yang kini mendukung DDR4 3200 MHz dan LPDDR4 3733 MHz. Dukungan kecepatan Memory lebih tinggi tersebut tampaknya menjadi salah satu penyebab peningkatan performa IGP yang signifikan. Prosesor Core i 8th Gen “Wihiskey Lake” sendiri hanya mendukung Memory DDR4 2400 MHz.

Seperti inilah Badge baru prosesor Intel Core i 10th Gen dan IGP Iris Plus Graphics. Tampaknya dalam beberapa bulan ke depan kita akan disuguhkan Laptop Thin & Light yang menawarkan performa keseluruhan jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya. Intel sendiri menyebutkan telah ada 35 model Laptop yang akan menggunakan prosesor ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES