in: News | August 13, 2019 | by: Friska Suryawinata

Verizon Hendak Menjual Tumblr ke WordPress

Sekitar 2 tahun yang lalu, Verizon membeli Yahoo dengan besar akuisisi senilai USD 4,5 milyar. Dengan kepemilikan terhadap Yahoo, Verizon juga berhak atas Tumblr, platform blogging yang kemarin sempat heboh karena kasus banned akun dan post dengan konten dewasa.

Dan tidak lama ini, rumor tentang Verizon akan menjual Tumblr semakin menguat hingga sekarang. Berdasarkan laporan dari Engadget, yang merupakan anak perusahaan dari Verizon, Tumblr akan dijual ke Automattic. Sebagai informasi, Automattic ini merupakan perusahaan di balik layar platform WordPress, yang juga merupakan platform untuk blogging.

Proses pengakuisisian masih berlangsung dan belum menemukan titik tengah, tetapi salah satu perjanjian dari akuisisi ini adalah bahwa Automattic akan mengambil sekitar 200 jumlah karyawan dari Verizon/Tumblr. Chief dari Automattic, Matt Mullenweg, berbicara pada Wall Street Journal bahwa akuisisi ini adalah akuisisi terbesarnya terkait biaya serta jumlah karyawan yang terlibat.

Dan jika Anda berpikir bahwa akuisisi ini akan membebaskan Tumblr dari ban akun dan post dewasa yang masih berjalan hingga saat ini, maka jawabannya: tidak. Akuisisi ini tidak akan menghapus ban konten dewasa pada platform Tumblr sama sekali.

Tumblr sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang perihal akuisisi ini. Sebelumnya, di tahun 2013 Tumblr sempat diakuisisi oleh Yahoo dengan nilai akuisisi USD 1,1 milyar, tetapi platform ini masih belum cukup kuat untuk bisa bersaing dengan platform populer lainnya. Kemudian, aset dengan total nilai USD 230 juta dikurangi dari Tumblr sebagai bentuk mencegah kerugian sebelum akhirnya dijual ke Verizon. Dari hasil akuisisi dan penjualan aset ini, Tumblr masih belum memiliki peningkatan signifikan, malah berkurang ketika ban konten dewasa mulai diberlakukan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES