in: News | August 8, 2019 | by: Rifqi Sulthan

WD Perkenalkan SSD Khusus untuk Industri Layanan VOD, Data Center, AI dan ML.

WD (Western Digital) baru saja memperkenalkan salah satu SSD terbaru mereka, yang ditujukan untuk penggunaan baca yang intensif. SSD yang diberi nama Ultrastar DC SN340 Very Read Intensive (VRI) SSD merupakan SSD dengan latensi baca yang rendah. Hal ini penting dibutuhkan dalam penggunaan layanan yang membutuhkan kemampuan baca cepat, seperti layanan Video-on-Demand (VOD), database terdistribusi dan penggunaan Artificial Intelligence (AI) ataupun Machine Learning (ML).

Perusahaan storage asal Amerika ini percaya bahwa SSD tipe VRI mampu meningkatkan efisiensi tenaga dan biaya jika digunakan pada industri layanan VOD dan industri lain yang membutuhkan kemampuan baca intensif pada storage, karena memiliki kemampuan yang spesifik dibutuhkan oleh industri tersebut. Storage yang umum digunakan oleh provider video streaming saat ini memiliki kapasitas 1TB dengan rasio IOPS dan bandwith yang mampu memenuhi kebutuhan untuk penggunaan paralel user/streams (RIOPS), sedangkan Ultrastar DC SN340 menawarkan kapasitas hingga 7,68 TB dengan kemampuan yang sama.

SSD VRI ini akan hadir dengan dua pilihan kapasitas, 3,84 dan 7,68 TB. WD juga menjelaskan bahwa Ultrastar DC SN340 telah dioptimasi untuk penggunaan “penulisan sekali” dengan “pembacaan berulang”. SSD yang menggunakan teknologi 96-layer BiCS4 3D TLC NAND dengan kontroler milik WD sendiri ini mampu memberikan performa tulis hingga 3.3 GB/s dan baca hingga 1.5 GB/s. Selain itu, drive ini juga mendukung hingga 420K random read IOPS dengan konsumsi energi maksimal di 6,5 W.

WD sendiri baru mengumumkan drive terbaru mereka ini, dan belum memiliki rencana untuk memproduksinya secara masal. Akan tetapi, mengingat kebutuhan storage untuk industri VOD dan sejenisnya yang sangat tinggi, bisa jadi mereka akan memulai produksinya secepat mungkin. Kita tunggu saja informasi selanjutnya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES