5 Alasan Memilih Proyektor 4K untuk Home Theater

Reading time:
September 25, 2019

Saat ingin membangun sebuah home theater di rumah, tentunya proyektor menjadi salah satu elemen penting di dalamnya. Bagaimana tidak, perangkat yang satu ini dianggap mampu memberikan pengalaman sinematik yang lebih baik. Menariknya lagi, beberapa produsen proyektor kini mulai rajin memproduksi beragam model proyektor dengan berbagai teknologi dan fitur menarik yang memang sengaja dirancang untuk memberikan pengalaman home cinema, seperti misalnya proyektor yang memiliki tingkat resolusi 4K.

feat image BenQ W2700

Konten-konten video beresolusi 4K pun kini sudah mulai mudah didapat dari berbagai sumber. Mulai dari DVD Blu-ray 4K, Game dan bahkan streaming video. Kebanyakan orang mungkin saat ini sudah merasa cukup dengan resolusi Full HD 1080p (1920×1080) yang sudah dianggap mampu menawarkan kualitas warna yang jernih. Padahal, resolusi 4K (3840×2160) yang kita kenal sebagai UHD (Ultra High Definition) mampu menawarkan kualitas dengan komposisi warna yang jauh lebih baik dibanding resolusi Full HD.

Buat Anda yang berencana ingin membangun sebuah “bioskop pribadi” di rumah menggunakan proyektor, tidak ada salahnya untuk memilih proyektor yang menawarkan resolusi 4K. Berikut beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan memilih proyektor 4K untuk membangun home theater, sesuai dengan pengalaman kami saat menggunakan proyektor 4K.

Resolusi 4K Bikin Gambar Lebih Detail

02 w2700 4k uhd top e1569234092715

Saat kita berbicara tentang resolusi 4K pada proyektor, umumnya terdapat dua spesifikasi resolusi di antaranya 3840 x 2160 atau 4096 x 2160 piksel. Semakin besar jumlah piksel, maka semakin detail dan akurat pula konten gambar yang ditampilkan. Selain resolusi, teknologi DLP yang digunakan di dalam proyektor untuk menghasilkan gambar berkualitas juga penting.

BenQ W2700 05

DLP adalah teknologi tampilan proyeksi terkemuka di pasaran. Seperti DLP chip yang terdapat pada proyektor BenQ W2700 yang kami gunakan. Proyektor ini mampu menawarkan resolusi true 4K dengan 8,3 juta piksel yang berbeda. Artinya, proyektor 4K dengan teknologi DLP chip tidak hanya mampu menampilkan kualitas gambar lebih detail namun juga menghadirkan pengalaman berkualitas bioskop di rumah dengan kedalaman warna lebih akurat.

HDR Jadi Penyempurna

Selain resolusi 4K, beberapa produsen proyektor juga kini telah menyematkan fitur HDR (High Dynamic Range). Kehadiran fitur HDR pada proyektor 4K bisa dibilang sebagai fitur penyempurna. High Dynamic Range atau bisa disingkat dengan HDR, merupakan teknologi yang memiliki standar rentang warna DCI-P3.

[tabs class=”yourcustomclass”]
[tab title=”HDR Off” active=”active”]
HDR Off

HDR Off 01

 

HDR Off

[/tab]
[tab title=”HDR On”]
HDR On

HDR On 02 HDR On

 

[/tab]
[/tabs]

Berbicara soal HDR, gambar yang ditampilkan bukan hanya soal tingkat rasio dan warna yang meningkat secara signifikan. HDR juga bisa dikatakan mampu menampilkan kualitas gambar dengan komposisi warna yang lebih natural, contohnya bisa Anda lihat pada gambar perbandingan di atas.

HDR PRO BenQ W2700

Pada proyektor BenQ W2700 yang kembali kami gunakan sudah dilengkapi dengan fitur HDR-Pro eksklusif dari BenQ. HDR-Pro pada BenQ W2700 ini menawarkan rentang kontras yang lebih besar untuk menampilkan setiap detail dari konten 4K, baik itu dari konten blu-ray player, konsol atau streaming.

CinmaticColor

Selain didukung fitur HDR-Pro, BenQ W2700 ini dilengkapi juga dengan teknologi CinematicColor. Teknologi ini memanfaatkan warna-warna optimal di ruang warna DCI-P3 Cinematic Color yang lebar. Sehingga proyektor ini mampu menghasilkan gambar sinematik terbaik untuk tampilan proyeksi home theater.

Fleksibilitas

BenQ W2700 04

Proyektor yang menawarkan resolusi 4K tentunya tidak hanya mampu untuk menyajikan konten-konten film dengan gambar berkualitas, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain, misalnya seperti game. Beberapa game tipe AAA, baik untuk PC gaming maupun konsol, kini sudah mulai banyak menawarkan resolusi hingga 4K. Salah satu contohnya ada pada konsol game Sony PS4 PRO. Konsol game yang diluncurkan pada 2017 lalu ini telah mengalami peningkatan, yang mana mampu menghadirkan visual 4K HDR. Perbedaan yang akan Anda rasakan akan sangat terasa jika memainkan game di PS4 PRO menggunakan monitor yang mendukung 4K HDR.

[tabs class=”yourcustomclass”]
[tab title=”HDR Off” active=”active”]
HDR Off

Non HDR Gaming

 

[/tab]
[tab title=”HDR On”]
HDR On

HDR Gaming

 

[/tab]
[/tabs]

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, kami mencoba memainkan sebuah game di PS4 PRO dengan mambandingkan saat HDR aktif dan tidak diaktifkan. Terlihat dengan jelas pada gambar di atas bahwa tingkat akurasi warna yang ditampilkan saat HDR aktif menjadi lebih detail dan cerah. Para developer game saat ini kabarnya sudah menuju ke arah format 4K HDR untuk menawarkan game-game terbaru di masa depan.

Harga

BenQ W2700 02

Untuk harga sebuah proyektor dengan resolusi 4K mungkin saat ini memang masih tergolong cukup tinggi jika dibandingkan dengan sebuah TV berukuran 32” atau 42”. Namun untuk sebuah TV di atas 55 inci yang menawarkan resolusi 4K dan fitur tambahan lain seperti HDR, masih memiliki harga yang tergolong cukup menguras kantong Anda. Sebagai perbandingannya, TV layar lebar berukuran 100” dengan resolusi 4K dibanderol dengan harga di atas Rp 100 jutaan. Harga tersebut tentunya sangat menguras kantong jika dibandingkan dengan sebuah proyektor yang memiliki kemampuan serupa.

BenQ W2700 06

Untuk solusi yang jauh lebih murah, pemilihan proyektor 4K bisa menjadi pilihan yang tepat, contohnya seperti proyektor BenQ W2700 ini yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 35 juta. Menariknya, proyektor ini bahkan mampu memproyeksikan gambar hingga ukuran layar dua kali lebih besar dibanding TV.

Pengalaman 4K di Luar Rumah

DLP Proyektor BenQ W2700

Proyektor memang lebih asyik digunakan secara berkelompok atau saat Anda sedang berkumpul bersama keluarga. Apalagi saat Anda sedang mengadakan kumpul bersama keluarga dengan mengadakan gathering di sebuah tempat, tentunya dengan membawa proyektor untuk menikmati hiburan bersama akan memberi pengalaman berbeda serta menciptakan keseruan tersendiri, sehingga Anda dapat menciptakan suasana home cinema di luar rumah.

BenQ W2700

Proyektor 4K BenQ W2700 ini memiliki dimensi body 380mm (W) x 127mm (H) x 263mm (D). Ukuran dari proyektor ini tergolong tidak terlalu bongsor dengan bobot mencapai 4.2kg. Menariknya, proyektor BenQ yang satu ini memiliki kemampuan short throw. Untuk memperoleh ukuran layar 120”, jarak antara proyektor dengan layar proyeksi hanya berjarak 3 meter. Dengan ruangan yang tidak terlalu besar pun, dengan proyektor ini Anda sudah dapat membangun sistem home cinema dadakan di luar rumah. Terlebih lagi, proyektor ini didukung dengan konektivitas yang lengkap serta sistem audio 2 buah speaker berkekuatan 5 watt.

BenQ W2700 03

Untuk info lebih lanjut soal BenQ W2700, bisa diklik disini. Bagi Anda yang berminat ingin memiliki proyektor 4K ini bisa diperoleh di official store BenQ Indonesia di Lazada.

 

 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…