in: News | September 4, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Duta Besar Ajak Huawei Dorong R&D Teknologi ‘Kekinian’ di Indonesia

Huawei, dalam beberapa tahun belakangan ini, cukup aktif mengajak mahasiswa dari Indonesia untuk memperdalam ilmu dan unjuk kemampuan ke China. Hal tersebut menjadi wujud nyata dari Huawei turut serta meningkatkan potensi mahasiswa Indonesia di bidang teknologi. Saat ngobrol dengan perwakilan media dari Indonesia di 5th Huawei Asia-Pacific Innovation Day, di Chengdu, China, Duta Besar Indonesia untuk China, Bapak Djauhari O., mengapresiasi apa yang telah dilakukan Huawei, dan berharap Huawei meningkatkan lagi apa yang telah mereka lakukan itu.

Ingin Huawei Ajak Universitas Kembangkan Teknologi Bersama

Keterlibatan Huawei dalam berbagai aspek bidang teknologi tentunya membuat mereka banyak berkontribusi ke hadirnya teknologi baru. Bapak Djauhari ingin Huawei bekerja sama dengan universitas di Indonesia untuk mendorong mahasiswa Indonesia lebih aktif lagi, baik dalam pengembangan maupun pemanfaatan teknologi baru. Huawei dirasa merupakan pihak yang pas untuk itu.

Kerja sama Huawei dengan universitas akan membantu mahasiswa lebih dekat dengan teknologi baru, baik yang telah digunakan maupun yang akan segera digunakan. Itu membuat mahasiswa bisa berkreasi lebih sesuai dengan kebutuhan terkait teknologi yang paling “kekinian”, bukan menggunakan teknolgi dari generasi sebelumnya. Huawei sendiri memang merupakan salah satu perusahaan terdepan di 5G, dan memiliki ragam teknologi yang digunakan di cloud, IoT, data center, jaringan, serta smartphone.

Huawei Tidak “Pelit Ilmu” di Indonesia

Menariknya, Bapak Djauhari menyebutkan bahwa Huawei, walaupun menjadi salah satu perusahaan teknologi terdepan dunia, tidak pelit dan mau melakukan transfer teknologi ke Indonesia. Ke depan, diharapkan Huawei, dan juga perusahaan teknologi asal China yang lain, mau memperluas kerja sama penelitian dan pengembangan teknologi, dengan universitas di Indonesia, tidak hanya di Jawa saja, tetapi juga wilayah lain. Hal itu tentunya akan membawa keuntungan, bukan cuma untuk Indonesia, tetapi juga untuk Huawei sendiri.

Terkait wujud nyata langkah Huawei, dalam 7 tahun terakhir ini mereka rutin mengajak mahasiswa Indonesia untuk belajar ke China. Mahasiswa Indonesia mendapatkan kesempatan juga untuk magang di kantor mereka di Beijing dan Shenzhen, menimba ilmu terkait teknologi terkini untuk diadaptasikan ke kebutuhan yang ada di Indonesia. Melihat hal itu sudah mereka lakukan secara rutin, terlihat bahwa Huawei memang mau terlibat mendorong perkembangan teknologi di Indonesia.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES