in: News | September 6, 2019 | by: Gatot Tri Yuwono

Lenovo Pamerkan Jajaran Laptop Berbasis Intel Project Athena di IFA2019

Pertama kali diperkenalkan di ajang CES 2019, standarisasi Intel untuk Laptop canggih generasi terbaru dengan Codename “Project Athena” mulai menunjukkan wujudnya di gelaran IFA 2019. Sejumlah produsen Laptop ternama mulai menunjukkan produk andalan mereka seperti yang datang dari Lenovo. Untuk saat ini terdapat empat model Laptop dari Lenovo yang telah memenuhi standarisasi Intel Project Athena. Dari kelas Consumer terdapat Yoga C940 14 Inch, Yoga S940 14 Inch, dan Yoga S740 14 Inch sementara dari kelas Commercial diwakilkan oleh ThinkPad X1 Carbon 7th Gen.

Project Athena sendiri merupakan inisiatif Intel untuk menghadirkan Laptop dengan teknologi mereka di dalamnya, yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna masa kini dalam menunjang semua aktivitas mereka sehari-hari. Sejumlah persyaratan ketat dari Intel harus dipenuhi oleh produsen agar produk mereka mendapatkan sertifikasi “Engineered for Mobile Performance” yang menandakan Laptop mereka telah memenuhi syarat spesifikasi maupun Key Experience Indicator. Lebih lengkap mengenai persyaratan Intel Project Athena dapat dilihat pada artikel – Computex 2019: Wujud Project Athena dari Intel Mulai Terlihat!

Lenovo Yoga C940 14 Inch – Berbeda dengan saudaranya Yoga S940 yang memulai debut di ajang CES 2019, penerus Yoga C930 ini baru diumumkan kehadirannya saat IFA 2019. Sejumlah persayaratan Intel Project Athena tampak sudah dipenuhi oleh Laptop ini seperti telah digunakannya prosesor Core i7 /i5 10th Gen dengan kapasitas Memory/RAM 8 GB, 12 GB, atau 16 GB. Storage juga telah menggunakan SSD PCIe dengan pilihan kapasitas mulai dari 256 GB yang disusul 512 GB dan 1 TB. Tersedia juga pilihan Storage Intel Optane Memory H10 dengan pilihan kapasitas 512 GB+32 GB dan 1 TB+32 GB. Daya tahan baterai Laptop ini juga sudah mampu bertahan selama 17,5 jam untuk layar Full HD dan 9,5 jam pada varian 4K. Fitur Rapid Charge ala Lenovo pun membuat pengguna mendapatkan daya tahan baterai hingga 2 jam untuk pengisian selama 15 menit saja. Persyaratan lainnya seperti Wi-Fi 6, Thunderbolt 3, dan sistem keamanan sensor sidik jari juga dapat ditemukan disini.

Lenovo Yoga S740 14 Inch – Penerus Yoga S730 ini tetap menjadikan bodi tipis sebagai daya tariknya dengan tebal bodi hanya 1,8 cm saja. Sejumlah persyaratan Intel Project Athena juga telah dipenuhi oleh Lenovo Yoga S740 seperti tipe prosesor serta kapasitas Memory/RAM dan Storage yang mirip dengan Yoga C940 di atas. Hanya saja untuk Storage tidak ada pilihan yang menggunakan Intel Optane Mmoery H10. Sementara unit pengolah grafis pada Laptop ini tersedia pilihan Intel UHD Graphics saja atau yang dipasangkan dengan GeForce MX250. Daya tahan baterai Laptop ini mampu bertahan selama 15 jam untuk layar Full HD dan 10 jam pada varian 4K. Tersedia pula fitur Rapid Charge yang mampu mengisi daya hingga 80% dalam kurun waktu 60 menit. Lenovo Yoga S740 juga menghadirkan konektivitas Wi-Fi 6, Thunderbolt 3, serta kemanan biometrik pengenalan wajah.

Lenovo Yoga S940 14 Inch – Laptop ini memang bukan produk yang benar-benar baru dengan debut perdana di CES 2019 dan telah beredar beberapa waktu lalu di pasar Indonesia. Pada ajang IFA 2019 Lenovo Yoga S940 akhirnya mendapatkan sertifikasi “Engineered for Mobile Performance”. Dengan spesifikasi yang ada saat ini, Lenovo Yoga S940 memang sudah memenuhi sejumlah aspek dari Intel Project Athena. Seperti penggunaan prosesor Core i7/i5 8th Gen, kapasitas minimal 8 GB Memory/RAM dan 256 GB SSD PCIe, serta daya tahan baterai mencapai 17 jam. Konektor Thunderbolt 3 dan kamera Infra Red untuk biometrik wajah juga telah ada di Laptop ini. Kemampuan Wi-Fi 6 tampaknya juga telah ditambahkan pada Lenovo Yoga S940 terbaru ini mengingat varian sebelumnya masih berkutat dengan Wi-Fi 5. Kemampuan Fast Wake juga didukung oleh Lenovo Yoga S940 ini dimana ia dapat terbangun dengan cepat saat pengguna hadir di depan Laptop dan langsung melakukan Login ke Windows begitu wajah terindentifikasi dengan benar.

ThinkPad X1 Carbon 7th Gen – Berbeda dengan tiga produk di atas, ThinkPad X1 Carbon 7th Gen menjadi wakil satu-satunya produk Commecial dari Lenovo yang memenuhi standarisari Intel Project Athena. Di konfigurasi tertinggi Laptop ini ditenagai prosesor Core i7 10th Gen dengan 6-Core/12-Thread di dalamnya. Kapasitas Memory/RAM maksimal adalah 16 GB dengan Storage SSD PCIe hingga 2 TB. Konektivitas Wi-Fi 6, LTE-A (Optional), serta Thunderbolt 3 juga tersedia pada Laptop dengan material bodi Carbon Fibre ini. Tidak ketinggalan daya tahan baterai hingga 18,5 jam membuatnya mampu memenuhi standar yang ditetapkan Intel. Tentunya fitur Rapid Charge siap menawarkan kapasitas baterai 80% hanya dengan melakukan pengisian selama satu jam. Kemampuan itu di kemas di dalam bodi setebal 1,49 cm dengan bobot yang sangat ringan mulai dari 1 kg. Layar Laptop ini berukuran 14 inci dengan konfigurasi tertinggi sudah menggunakan panel IPS 4K HDR400 10-bit 500 Nits.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES