in: Notebook / Laptop | September 15, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Video Review Omen X 2S: Puas dengan Dua Layar

Omen by HP kembali hadir di lab. Jagat Review. Kali ini, laptop gaming yang mereka kirimkan hadir dengan keunikan tersendiri. Laptop tersebut, Omen X 2S, hadir sebagai laptop gaming dengan dua layar, dengan spesifikasi yang terbilang tinggi. Penasaran dengan kemampuan yang ditawarkan laptop tersebut?

Omen X 2S: Spesifikasi

Mari kita mulai dengan membahas secara singkat spesifikasi yang ditawarkan Omen X 2S ini. Laptop ini hadir dengan prosesor Core i9-9880H, salah satu prosesor terkencang untuk laptop dari keluarga Coffee Lake, atau Intel Core 9th Gen. Prosesor ini memiliki 8 Core/16 Thread, dengan TDP 45 Watt, 16 MB Smart Cache, serta boost clock hingga 4.8 GHz.

Untuk mendukung kemampuan prosesor itu, Omen X 2S dibekali dengan RAM DDR4-3200. Kapasitas yang ditawarkan adalah 32 GB, terbilang sangat memadai untuk berbagai kebutuhan yang ada saat ini. RAM itu juga dipasang dengan konfigurasi dual-channel, 2x 16 GB, sehingga seharusnya sudah tidak ada lagi alasan bagi pengguna untuk meng-upgrade RAM bawaan laptop ini.

Storage yang terpasang di dalam laptop ini adalah SSD NVMe PCIe, dengan kapasitas 2 TB. Omen by HP menggunakan dua buah SSD NVMe PCIe 1 TB dengan konfigurasi RAID 0 untuk kapasitas total 2 TB. Hal ini membuat kecepatan baca/tulis dari SSD yang terpasang seharusnya akan sangat tinggi.

Pengolah grafis yang disertakan dalam laptop ini adalah GeForce RTX 2080 Max-Q, dengan 8 GB GDDR6. Tidak ada opsi switching ke integrated graphics milik Core i9-9880H, tetapi hal tersebut terbilang wajar bila melihat layar dari laptop ini. GeForce RTX 2080 Max-Q sendiri menawarkan 2944 CUDA Core, dengan clock 735 MHz dan boost 1095 MHz.

Layar utama dari Omen X 2S ini berukuran 15.6″, dengan resolusi 4K 60 Hz, panel IPS, dan color gamut 72% NTSC. Namun, untuk versi layar yang dipasarkan di Indonesia, Omen by HP menyebutkan bahwa resolusi yang ditawarkan adalah Full HD (1920 x 1080 piksel), tetapi dengan refresh rate hingga 240 Hz. Fitur G-Sync juga tersedia, yang menjadi penyebab mengapa fitur NVIDIA Optimus (switching ke integrated graphics) tidak tersedia.

Kemudian, untuk layar kedua, ukurannya adalah 5.98″, dengan resolusi Full HD. Layar ini menggunakan panel IPS dan merupakan sebuah touchscreen. Beberapa fungsi sudah disematkan Omen by HP ke layar kedua tersebut, dan pengguna bisa memanfaatkan fungsi-fungsi itu untuk mendukung aktivitas mereka bersama laptop ini, termasuk untuk gaming.

Beralih ke konektor, di sisi kiri laptop ini terdapat port DC-In, HDMI, 2x USB 3.1 Gen 1 Type A, Gigabit Ethernet, dan audio combo. Sementara di sisi kanan terdapat port USB Type C (USB 3.1 Gen 2)/Thunderbolt 3 yang mendukung display output dan USB 3.1 Gen 1 Type A. Jajaran konektor itu terbilang cukup lengkap untuk sebuah laptop gaming.

Speaker di laptop ini ditempatkan di dekat kaki depan laptop. Seperti kebanyakan produk premium dari HP, Omen X 2S ini dilengkapi dengan sistem audio Bang & Olufsen.

Paket Penjualan

Hadir sebagai laptop gaming premium dari Omen by HP, laptop yang satu ini dibekali dengan paket penjualan yang terbilang luar biasa. Paket gaming gear, yaitu headset Omen Mindframe, mouse Omen Photon, dan mousepad Omen Outpost disertakan sebagai bonus dari Omen X 2S. Selain itu, laptop yang dipasarkan mulai 1 September 2019 dengan harga Rp 64.999.000 ini juga dibekali dengan garansi 2 tahun dan layanan HP Premium Service.

Preview Hasil Pengujian

Kami melakukan beberapa pengujian untuk laptop Omen X 2S ini untuk melihat performa yang ditawarkan, terutama untuk gaming. Berikut ini sebagian hasil pengujian gaming yang kami lakukan di laptop gaming yang satu ini:

Assassin’s Creed Odyssey

Di Assassin’s Creed Odyssey, kami melakukan pengujian di resolusi 1920 x 1080 piksel dan quality preset Ultra High. Hasilnya, di Performance Mode, game ini bisa dijalankan di kisaran 50 – 60 fps. Hal ini terbilang baik, mengingat game dengan dunia yang luas ini sangat berat, terlebih lagi bila dimainkan di kualitas sangat tinggi ini.

Dota 2

Sementara untuk game MOBA populer, Dota 2, kami melakukan pengujian diresolusi 1920 x 1080 piksel, preset Fastest, serta render scale 100%. Hasilnya, game ini bisa berjalan di framerate sekitar 180 – 200 fps di scene yang terbilang berat. Untuk scene standar, seharusnya framerate yang didapatkan bisa lebih tinggi lagi.

Video Review: Omen X 2S

Hasil pengujian lengkap dari laptop Omen X 2S ini bisa dilihat di video review berikut ini:

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES