in: News | October 29, 2019 | by: Dian Syarifuddin

ASUS TUF Gaming VG249Q, Keluarga Baru dari Lini Monitor TUF Gaming

TUF Gaming merupakan salah satu sub-brand dari ASUS yang menawarkan beragam produk dengan durabilitas tinggi, namun juga diposisikan sebagai lini perangkat gaming dengan harga terjangkau. Setelah beberapa waktu lalu meluncurkan tiga varian monitor TUF Gaming, kini sang produsen kembali menambah “keluarga baru” dengan nama ASUS TUF Gaming VG249Q.

Sesuai dengan penamaannya, ASUS TUF Gaming VG249Q mengusung layar berukuran 23.8 inci menggunakan panel IPS (In-Plane Switching). Resolusi layar yang ditawarkan adalah Full HD 1920 x 1080 piksel dan memiliki sudut pandang yang luas hingga 178° (Vertikal dan Horizontal). Tingkat kecerahan maximum yang ditawarkan TUF Gaming VG249Q mencapai 250 nits serta color gamut NTSC 72%.

Sebagai monitor gaming, ASUS tentunya menyematkan beragam fitur gaming yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan penggunanya seperti dukungan AMD FreeSync dan refresh rate mencapai 144Hz. Meski panel yang digunakan adalah IPS, tingkat response time yang dimiliki monitor ini bisa mencapai 1ms MPRT. Hal ini tampaknya berkat dukungan fitur ASUS ELMB (Extreme Low Motion Blur).

Dukungan fitur gaming lainnya pun turut dihadirkan pada monitor ini seperti GameVisual yang menyediakan 7 preset dengan beberapa genre game, lalu GamePlus yang dapat membantu gamer dengan kehadiran on-screen crosshair, timer, FPS counter dan display alignment. Ada pula fitur Shadow Boost yang dapat membantu mencerahkan area yang gelap pada sebuah game, sehingga musuh yang bersembunyi dapat terlihat.

Soal desain, ASUS TUF Gaming VG249Q memiliki desain sangat ergonomi, seperti pengaturan ketinggian, diputar ke kiri-kanan, Tilt dan Pivot. Monitor ini juga bisa diletakan di dinding dengan menggunakan VESA mount 100 x 100 mm.

Beralih ke bagian konektivitasnya, ASUS TUF Gaming VG249Q memiliki beberapa port esensial antara lain 1x HDMI 1.4, 1x VGA port dan 1x DisplayPort 1.2. Tidak ketinggalan, ASUS memberikan port audiojack 3.5mm. Sayangnya hingga kabar ini beredar, ASUS belum menyebutkan ketersediaan monitor di pasaran dan harga yang akan ditawarkan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES