in: News | October 28, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Crucial Luncurkan SSD Portable X8 Series

Crucial, produsen RAM dan storage yang merupakan perpanjangan tangan dari produsen chip ternama, Micron, baru saja mengumumkan lini SSD portable baru yang diberi nama X8. Sesuai dengan namanya, SSD portable ini merupakan perangkat penyimpanan yang menarik karena memiliki ukuran mungil dan ringan, sehingga nyaman untuk dibawa kemana saja.

Crucial X8 hanya tersedia dalam dua pilihan kapasitas, yaitu 500 GB dan 1 TB. Performa yang ditawarkan SSD portable ini menawarkan sequential Read mencapai 1050 MBps. Kecepatan Read tersebut berkat penggunaan interface USB 3.1 Gen 2 yang menawarkan bandwidth hingga 10 Gbps dan UASP (USB Attached SCSI Protocol) serta tentu saja Crucial X8 ini menggunakan USB Type-C.

Menurut berita yang kami sadur dari Tech Power Up, Crucial X8 ini hanya dapat digunakan pada port USB 3.0 atau USB 3.1 dan tidak berfungsi pada USB 2.0. Hal ini dikarenakan Crucial X8 membutuhkan daya 1.5A, yang mana USB 2.0 tidak dapat menghantarkan daya sesuai dengan yang dibutuhkan SSD portable tersebut.

Di dalam body X8 SSD portable ini, Crucial ternyata menggunakan SSD miliknya, yaitu Crucial P1 M.2 NVMe SSD yang menggunakan NAND QLC. SSD ini dihubungkan dengan chip ASMedia USB-to-PCIe. Layaknya SSD kebanyakan, Crucial X8 portable ini sudah mendukung TRIM pada format NTFS. Perangkat ini dapat digunakan pada PC berbasis Windows 7 atau lebih, Mac, iPad Pro, Chromebook dan perangkat Android yang sudah memiliki port USB 3.1.

Menariknya, Crucial mengklaim bahwa X8 SSD portable ini dapat bekerja pada konsol seperti Xbox One dan PlayStation 4, meski belum tersertifikasi. Bahkan pihak Crucial memberikan cara penggunaan X8 SSD portable ini pada konsol tersebut.

Crucial X8 memiliki ukuran hampir menyerupai smartphone dengan layar 4 inci. Selain itu, rancangan body dari SSD portable ini mampu bertahan jatuh di atas karpet dengan ketinggian 2.28 meter. Kendati begitu, body dari Crucial X8 ini tidak dirancang dengan ketahanan air (water-resistant).

Soal harga, Crucial membanderol X8 SSD portable ini dengan harga USD 164.95 untuk varian 1 TB dan USD 119.95 untuk varian 500 GB. SSD ini memiliki masa garansi selama 3 tahun.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES