in: Printer | October 19, 2019 | by: Friska Suryawinata

Hands-On Printer Canon Inkjet PIXMA G6070

Walau kebutuhan untuk memiliki printer sendiri secara personal mungkin semakin berkurang saat ini, masih banyak industri yang membutuhkan printer dalam menunjang aktivitasnya sehari-hari. Kebutuhan akan printer saat ini, selain multifungsi, juga lebih terfokus kepada seberapa banyak sebuah printer bisa mencetak hingga tinta habis terpakai, dan seberapa hemat biaya yang dimilikinya dalam sekali mencetak.

Canon merupakan brand yang kerap memberikan berbagai jenis printer yang bisa memenuhi kebutuhan cetak volume tinggi, tetapi dengan biaya yang minim dalam sekali cetaknya, melalui produk printer inkjet PIXMA. Salah satu printer inkjet yang hadir di Jagat Review kali ini adalah Canon PIXMA G6070, yang mengunggulkan kemampuannya dalam mencetak dalam volume tinggi hingga 8.300 halaman hitam putih dan 7.700 warna.

Untuk mengetahui apa saja fitur lain yang dihadirkan pada printer ini beserta kemampuannya, simak terus artikel hands-on berikut ini.

Desain dan Spesifikasi

tampak depan
tampak belakang

Secara desain, printer inkjet Canon PIXMA G6070 memiliki bodi yang cukup besar di dimensi 403 x 369 x 195 mm dalam keadaan seluruh tray tertutup, dan dimensi 403 x 671 x 306 mm dalam keadaan tray output dan ADF terbuka. Bobotnya sendiri sekitar 8,1 kg sehingga printer ini akan lebih cocok untuk ditempatkan di sebuah ruang atau meja khusus tersendiri untuk mesin printer dan sejenisnya.

tray input bagian belakang
tray input bagian depan (cassette)
panel kontrol manual

Desain keseluruhan dari printer ini sendiri cukup sederhana, dengan panel kontrol utama di bagian depan dan bisa dimiringkan untuk posisi yang lebih nyaman bagi penggunanya.

botol tinta warna (70ml) dan hitam (170ml)

Tangki tinta diposisikan sedemikian rupa agar bisa terlihat secara jelas di bagian luar printer, dengan akses tangki tinta untuk mengisi ulang harus membuka cover bagian bawah dari scanner flatbed seluruhnya. Tangki tinta dari Canon PIXMA G6070 ini sendiri terbagi dua, yakni tangki tinta untuk warna (Cyan, Magenta, Yellow) dan tangki tinta BW (Black). Dalam kondisi penuh, Canon PIXMA G6070 memiliki volume cetak hingga 8.300 halaman hitam putih dan 7.700 halaman warna. Baik desain botol maupun desain tangki tinta pada printer ini dikembangkan agar pada proses pengisian ulang memudahkan serta tidak akan mengalami kebocoran.

posisi tangki tinta warna
posisi tangki tinta hitam
cover dibuka

Tray input yang dimiliki oleh printer ini terdiri dari dua, yakni tray yang terletak di bagian belakang printer dan tray kaset yang berada di bawah. Tray input yang terletak di belakang memiliki kapasitas hingga 100 lembar untuk kertas polos ukuran A4 biasa, sementara tray kaset bisa menampung hingga 250 lembar kertas A4 polos. Ukuran kertas yang bisa didukung oleh tray belakang meliputi ukuran kertas foto hingga ukuran legal, sementara tray kaset mampu menampung paling besar ukuran A4.

Untuk kecepatan cetaknya sendiri, Canon PIXMA G6070 memilki kecepatan cetak dokumen hingga 13 ipm hitam putih dan 6,8 ipm untuk warna secara simplex (satu halaman), berdasarkan ISO/IEC 24734 yang menjadi standar pengujian dari Canon. Canon PIXMA G6070 sendiri mampu melakukan cetak secara simplex maupun duplex (bolak-balik).

scanner jenis flatbed

Jenis scanner yang dimiliki oleh printer ini merupakan jenis scanner flatbed, di mana sekaligus berfungsi untuk mendukung fitur fotokopi pada printer. Scanner-nya sendiri memiliki kemampuan pindai hingga resolusi 1200 x 2400dpi dan ukuran kertas didukung untuk A4 dan Letter.

posisi plug in listrik dan port USB

Selain menghubungkan printer dengan PC, Canon PIXMA G6070 juga bisa dikontrol melalui aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY yang bisa diakses melalui Google Play Store untuk pengguna smartphone Android.

Dalam paketnya, Canon PIXMA G6070 dijual dengan dilengkapi kabel adapter, kabel USB, buku manual, CD instalasi, kartu garansi, juga botol tinta GI-70 (Pigment Black / Cyan / Magenta / Yellow).

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES